Notification

×

Iklan

Iklan

Biografi Imam Ahlussunnah wal Jamaah Abad 21.

| Juli 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-16T12:41:05Z
Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani. 

Abuya As-Sayyid Muhammad Al-Hasani lahir di kota Makkah pada tahun 1365 H/1945 M. Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah Makka, di mana ayah beliau As-Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani sebagai guru Agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki yang tempatnya sangat masyhur dekat Babussalam. 

Setelah As-Sayyid Alawi Al-Maliki wafat, putra beliau As-Sayyid Muhammad tampil sebagai penerus. Di samping mengajar di Masjidil Haram, beliau di angkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz - Jeddah dan Universitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadits dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tegasnya sebagai dosen di dua Universitas tersebut, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar sambil membuka majlis ta'lim di rumah beliau di Utaibiyyah kemudian pindah di Rushaifah. 



Abuya Sayyid Muhammad Al-Maliki di kenal sebagai guru, pengajar, dan pendidik yang, tidak beraliran keras, dan selalu menerima debat dengan hikmah dan mauidah hasanah. Beliau ingin mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang berprilaku baik dalam muamalatnya kepada  dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan Perasaannya. 

Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran utama Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. Beliau selalu menerima dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau tidak searah dengan thariqahnya. Dalam kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak ber sependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirannya, semua yang berlawanan diterima dengan sabar dan di jawab dengan hikmah. 

Beliau tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para Ulamanya dan ini memang yang di inginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela digeser dari Kedudukannya baik di Universitas dan ta'lim beliau di Masjidil Haram. Semua ini beliau Terima dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau selalu menghormati orang-orang yang tidak sependapat dan sealiran dengannya dengannya, semasih mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah. 



Pada akhir hayat beliau yang berkenan dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapat undangan dari ketua umum Masjidil Haram Syeikh Shaleh bin Abdurrahman al- Hushain untuk mengikuti "Hiwar Fikri" Di Mekkah yang pada tanggal 5 hingga 9 Dzul Qa'dah 1424 H/ Desember 2003 M dengan judul "Al-Ghuluw wal I'tidal; Ru'yah Msnhajiyyah Shamilah", disana beliau mendapat kehormatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang Tatharruf  atau yang lebih populer disebut ajaran yang belaliran fundamentalis atau extremis. Dan dari sana, beliau meluncurkan sebuah buku yang sangat populer dikalangan masyarakat Saudi yang berjudul Al-Ghuluw; Dauruhu Fil Irhab WA Ifsad al-Mujtama". Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang da'wah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas. 

Pada tanggal 11 Dzul Qa'dah 1424 H/4 Januari 2004 M, beliau mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah di hadapan wakil raja Amir 'Abdullah bin Abdul Aziz yang isinya beliau selalu menggaris bawai akan usaha menyatujan suara Ulama dan menjalin persatuan dan kesatuan dakwa. 

Di samping tugas beliau sebagai da'i, pengajar, pembimbing, dosen, penceramah, dan segala bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi agama, beliau pula seoarang pujangga besar dan penulis unggul. Tidak kurang dari 100 buku yang telah di karangnya, semuanya beredar di seluruh Dunia. Tidak sedikit dari kitab-kitab beliau yang beredar telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, prancis, Urdu, Indonesia dan lain-lain. 

Ketika beliau berkunjung ke Malaysia pada bulan Syawwal 1423 H/Desember 2002 M, Abuya memberi amanah kepada murid tertua beliau KH. M. Ihya' Ulumiddin untuk membuat wadah bagi para alumni atas pendapat dari putra beliau, Abuya As-Sayyid Ahmad. Alkhamdulillah pada tanggal 2 muharram 1424 H/5 maret 2003 M, sebanyak 25 murid beliau berkumpul di kediaman KH Muhyidin Nor, Pondok Pesantren Darussalam Tambak Madu Surabaya, semua sepakat mewujudkan amanah beliau berdakwa secara berjama'ah dalam wadah yang diberi nama Hai'ah ASH-SHOFWAH. 

Abuya As-Sayyid Muhammad bin 'Alawi' Al-Maliki wafat pada hari Jum'at tanggal 15 Ramadhan 1425 H/30 October 2004 M dan dimakamkan di pemakaman  di samping makan istri Rasulullah, Sayyidah Khadijah binti Khuwailid. Dan umat Muslimin yang berada di Makkah menyaksikan penguburan beliau pada saat itu, termasuk para pejabat, Ulama, para santri yang datang dari seluruh pelosok, baik dari luar Makka atau dari negeri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan jenazah beliau setelah di sholati di Masjidil Haram setelah sholat isya' yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan ta'ziah. 



Selamat tinggal ayah yang berhati baik. Selamat tinggal ayah yang pernah menanamkan hikmah, ilmu, teladan dihati kami. Selamat tinggal pemimpin ummat yang tak bisa kami lupakan pendiriannya dan keikhlasannya. Selamat tinggal Pahlawan yang jujur, ikhlas dalam amal dan perbuatannya. 

Selamat jalan.... Selamat jalan... Kebaikan dan kemulian telah meliputimu semasa hidupmu dan di saat wafatmu. Engkau telah hidupi hari-harimu di Dunia dengan mulia, dan sekarang engka telah menerima imbalannya di saat wafatmu pula dengan mulia. Jika sekarang kita telah berpisah untuk sementara, maka kali pasti akan bertemu dan berkumpul kembali.... Aamiin... Ya Rabbal alamin. 



      AL FATIHAH.... 

BY: Haiah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
(Himpunan Alumni Abuya Al-Maliki Al-Hasani) 

Sumber:  Persyarikatan Dakwah Al-Haromain Far'i Sidoarjo. 
 



×
Berita Terbaru Update