Notification

×

Iklan

Iklan

Biografi singkat Syeikh Dr Abdullah Nasih Ulwan

| Agustus 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-22T01:25:08Z
Kelahiran : Dr Abdullah Nasih Ulwan di lahirkan pada tahun 1928 di daerah Qadhi Askar yang terletak di Bandar Halab (Aleppo), Damaskus, Syria. Beliau di besarkan didalam keluyuran yang berpegang teguh pada Agama dan mementingkan akhlak Islam dalam pergaulan dan bersosialisasi dengan masyarakat. 




Ayahnya bernama Syeikh Said Ulwan, seorang yang di kenal di kalangan masyarakat sebagai Ulama dan Tabib ( juru penyembuh) yang di segani. Selain menyampaikan risalah dakwa Islam di seluruh pelosok kota Hakab, ayahnya juga menjadi tumbuhan masyarakat dalam mengobati berbagai macam penyakit dengan menggunakan ramuan akar kayu yang di racik sendiri. Ketika merawat para pasien, bibirnya selalu bergerak membaca ayat-ayat Al Qur'an dan menyebut nama Allah Subhanahu Wa Ta'ala.  Syeikh Said Ulwan senantiasa berdoa agar anak-anaknya lahir sebagai Ulama yang membimbing dan mendidik masyarakat. Allah memperkenankan doa beliau dengan lahirnya  Syeikh Dr Abdullah Nasih Ulwan sebagai Ulama (murabbi'), seorang pendidik spiritual yang di segani di abad ini. 

Pendidikan

Dr. Abdullah Nasih Ulwan mendapat pendidikan sekolah Dasar (ibtida'iyah) di Bandar Halab. Setelah berusia 15 tahun, ayahnya Syeikh Said Ulwan mendaftarkan beliau ke sekolah Agama (madrasah diniyyah) untuk mempelajari ilmu Agama dalam sekala yang lebih luas. Ketika itu,  Abdullah sudah hafal Al-Quran dan sudah dapat menguasai ilmu bahasa Arab dengan baik. Ketika di madrasah, Abdullah menerima Aduhan dari guru-guru yang Zuhud. Beliau sangat mengagumi Syeikh Raghib At-Tabhakh, seorang Ulama Hadis di Bandar Halab. 

Beliau sangat cemerlang dalam studinya, dan selalu menjadi referensi berharga bagi rekan-rekan nya di madrasah. Beliau juga di kenal aktif dalam berorganisasi dengan menguasai keterampilan berpudato, dan memimpin sebuah penerbitan yang bertanggungjawab menerbitkan Berita-berita ilmiah kepada masyarakat sekitarnya. 



Beliau di kenal sebagai seorang yang sangat berani pada kebenaran dan mempunyai kekebihan dalam hal pergaulan dan dakwa. Sejak usia remaja, beliau sudah terkesan wacana tulisan karya Ulama-ulama terkenal saat itu, seperti Dr Syeikh Mustafa As-Siba'i. Pada tahun 1949, beliau memperoleh ijasah menengah agama yang memungkinkan beliau melanjutkan pelajaran di salah-satu pusat pengajian di Mesir dalam bidang Syari'ah Islamiyah. 

Abdullah Nasih Ulwan melanjutkan Studinya di Universitas Al-Azhar pada tahun berikutnya, dan memperoleh ijasah pertama pada fakultas Ushuluddin pada tahun 1952. Selanjutnya beliau memperdalam studinya dalam bidang pendidikan (tarbiyah) pada tahun 1954. Saat berada di Mesir, beliau banyak menghadiri pertemuan para Ulama dan aktif dalam gerakan Islam. 

Syrikh Dr Abdullah Nasih Ulwan memperoleh gelar ijasah doktornya dari Universitas Al-Sand Pakistan pada tahun 1982, dengan tesis yang berjudul Fiqhu Ad-Da'Wa Ad-Dai'yah. 

Aktivitas

Dr Abdullah Nasih Ulwan mengisi aktivitas kesehariannya sebagai juru dakwa setelah lulus dari Al-Azhar. Beliau telah di lantik sebagai Dosen pada sebuah universitas di bandar halap. Beliau adalah orang pertama yang memperkenalkan mata kuliah Tarbiyah Islamiyah  (Pendidikan Islam) sebagai mata kuliah utama dalam proses pembelajaran di Universitas tempatnya mengajar. Di kemudian hari, Tarbiyah Islamyah tersebut menjadi mata pelajaran utama yang wajib di ikuti oleh para pelajar tingkatan menengah di seluruh syria. Beliau telah meletakkan pondasi yang kokoh di dalam Perguruan sebagai bahan tarbiyah (Pendidikan) yang sangat berkesan  dalam mendidik generasi bangsa di masa mendatang. 

Prinsip yang di gunakan dalam Tarbiyah Islamiyah adalah guru (Pendidik) sebagai layaknya orang tua bagi para pelajar.  Para guru mendidik mereka seperti mendidik anak-anak mereka sendiri. Beliau telah meletakkan dasar-dasar edukasi yang sangat luhur dalam pendidikan, yaitu membimbing para pelajar untuk mencintai Islam dalam beramal dengan nya, serta sanggup melakukan apa saja untuk kemuliaan dan kejayaan Islam. 

Selama menjadi tenaga pendidik di Universitas, Dr Abdullah Nasih Ulwan  telah menerima banyak undangan untuk menyampaikan kuliah dan ceramah di beberapa tempat, di samping menjadi dosen kehormatan di beberapa Universitas di Syria. Beliau tidak pernah lelah untuk menyebarkan ilmu Pengetahuan. Segenap usianya di gunakan untuk dakwa Islam. Masjid-masjid daerah Halab (Aleppo) selalu di penuhi massa yang datang untuk mendengar ceramahnya. Dimana saja beliau pergi untuk menyampaikan ceramah dan kuliah, pasti di banjiri ribuan massa yang haus akan ilmu pengetahuan dan Tarbiyah Islamiyah. Mereka menjadikan beliau tempat rujukan. 

Dr Abdullah Nasih Ulwan turut berjuang menghapus budaya jahiliyah dalam pemikiran masyarakat dengan cahaya hidayah Rabbani. Beliau telah menggunakan Masjid Umar bin Abdul Azis sebagai setiap pendidikan generasi muda Syria. Kuliah yang disampaikan di Masjid tersebut adalah Ilmu Fiqih, Tafsir, dan sejarah. Di samping memberi kuliah pengajian, Dr Abdullah Nasih Ulwan, juga mendidik para pemuda dengan kemahiran berpidato, tulis menulis dan dasar-dasar berdakwah. Hasil positif daripada Tarbiyah, tersebut lahirlah ratusan generasi muda berakhlak mulia dan menjadi tonggak penggerak dakwah Islam di Suriah. 

Meski sibuk menyampaikan risalah Islam di berbagai tempat, Dr Abdullah Nasih Ulwan juga sangat di kenal di kalangan masyarakat sebagai seorang yang berbudi luhur. 

Dr Abdullah Nasih Ulwan selalu menjalin hubungan yang baik dengan anggota masyarakat, dan senantiasa melayani mereka jika diperlukan. Beliau juga mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Ulama-ulama Syria, dan menjadi anggota majlis Ulama Syria. Beliau sangat dihormati dikalangan mereka. Siapapun yang menelusuri jalan Dakwah Islam, pasti akan diuji oleh Allah 'Azza Wa Jalla, yaitu ujian untuk membuktikan kebenaran dakwa yang di sampaikannya. Hal itu justru menambah keyakinan dan mengukuhkan ketawakalan yang utuh hanya kepada Allah. Hanya Allah lah yang berhak memberi pertolongan kepada siapa yang dikehendaki -Nya. Dr Abdullah Nasih Ulwan juga menerima ujian ini, sehingga memaksa beliau meninggalkan Syria pada tahun 1979 menuju ke Yordania. Selama di Yordania beliau terus menjalankan perannya sebagai dai dan pendidik. Beliau menyampaikan kuliah dan ceramah di berbagai tempat. Beliau menerima undangan kuliah di Masjid-masjid; juga undangan perayaan hari besar Islam dan ceramah umum. 

Beliau meninggalkan Yordania pada tahun 1980 setelah mendapat tawaran sebagai dosen di Fakultas Studi  Islam Universitas Malik Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Beliau menjadi dosen tetap di Universitas tersebut hingga wafat. 

     Akhlak dan Kepribadian

Dr. Abdullah Nasih Ulwan disukai oleh semua kalangan, kecuali mereka yang memusuhi Islam. Beliau menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Beliau adalah orang yang sangat berani menyatakan kebenaran, tidak takut atau gentar kepada siapapun dalam menyatakan kebenaran, meski kepada pihak pemerintah yang sedang berkuasa. Beliau meletakkan Amanah dalam dakwa, yaitu amaliah yang wajib kepada Ummat Islam. Ketika di Syriah, beliau telah menegur beberapa sistem yang diberlakukan pemerintah yang berkuasa saat itu dan senantiasa menyeruh agar kembali kepada sistem Islam, karna Islam adalah penyelamat kehidupan Ummat. 

Keadilan Islam adalah Rahmat bagi manusia. Keluhuran akhlak dan budi pekerti yang dihasilkan dari didikan IsIam yang meresap dalam jiwa beliau, telah menempatkan beliau sebagai figur yang sangat dihormati oleh para Ulama dan masyarakat. Rumahnya selalu ramai di kunjungi orang. Sahabat dekat beliau, Dr. Muhammad Walid mengatakan, Dr. Abdullah Nasih Ulwan adalah orang yang sangat peramah dan murah senyum kepada siapa saja. Tutur katanya sangat muda di fahami. Pembicaraannya senantiasa diiringi dengan nasihat dan persuasi positif. 
Beliau juga seorang yang tegas dengan prinsip-prinsip Islam. 

Dalam persahabatan, beliau selalu menjalin hubungan dengan siapa saja tanpa pandang bulu. Beliau sering bersilaturahim mengunjungi teman-temannya. Beliau menanyakan keadaan mereka dan selalu menjalin ikatan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam). Beliau suka mengulurkan bantuan dan pertolongan, meskipun dalam hal ini beliau mesti bersusah paya mengorbankan kepentingannya sendiri. 

      Karya Tulis

Dr. Abdullah Nasih Ulwan sangat gemar menulis. Kertas dan pena selalu dibawanya dimanapun beliau berada. Walaupun beliau sibuk dengan jadwal mengisi materi kuliah dan ceramah, beliau tetap menyisihkan waktunya secara khusus untuk menulis. Beliau telah berhasil menulis kurang lebih 50 kitab (buku) yang berisi tentang berbagai macam tema. 







Sumber:  Ensiklopedia Pendidikan Akhlak Mulia. 





×
Berita Terbaru Update