Notification

×

Iklan

Iklan

Hijrah atau pindah - Hijrah bukan melarikan diri

| Juli 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-18T21:47:37Z


Hijrah artinya pindah. Dalam bahasa Inggris, migration. Tetapi orang-orang Barat menerjemahkan hijrah dengan flight, padahal flight itu artinya melarikan diri. Dengan bermigrasi dari Makkah ke Madinah, Nabi Muhammad tidak bermaksud melarikan diri, tetapi pindah, dan kepindahannya bukan atas kemauannya sendiri melainkan atas petunjuk dari Allah Swt. 

Secara sosiologi historis memang ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hijrah Nabi yaitu antara lain di dahului dengan adanya baiat (janji setia) yang diikuti oleh orang-orang dari Madinah (waktu itu namanya Yasrib, dalam naskah-naskah yunani yunani kuno dikenal sebagai yathriba). 

Tidak banyak diketahui oleh orang-orang luar mengenai Arabia, karena Arabia merupakan daerah yang tidak begitu menarik bagi bangsa-bangsa lain. Karena itu tidak ada usaha untuk, misalnya, menaklukkan daerah tersebut. Orang Arab sendiri menyadari hal itu, karenanya disebut Jazirah. Dalam bahasa Arab, Jazirah itu bukan semenanjung, tetapi Pulau. 

Orang Arab menyebut Negerinya sebagai Pulau karena dari tiga jurusan di kelilingi oleh laut, yaitu Laut Merah, Laut Arab, dan Teluk Persi. Tetapi di bagian utaranya sebagian besar bukan lautan air melainkan lautan pasir yang sulit sekali ditrobos, terutama gurun pasir Syria atau dalam bahasa Arab Wadi'at Al-Syams. Daerah itu memang terkenal "kejam" Sekali sehingga tidak muda diterobos oleh orang-orang dari luar. Karena itu Jazirah Arab, dalam sejarahnya hanya mengirim orang keluar, dan sedikit sekali orang yang masuk. 

Dalam sejarah dibuktikan bahwa bangsa-bangsa Semitik kuno seperti bangsa Asyria, bangsa Babilonia, bangsa kanaan dan sebainya, sebetulnya berasal dari Jazirah Arab. Mereka disebut Arab karena selalu berpindah-pindah. Jadi Arab itu artinya berpindah-pindah, dari perkataan Ibrani Ibrun'  'Abarah yang artinya menyebrang. Dalam bahasa Arab memang sering terjadi perpindahan suku kata, tetapi mempunyai makna yang sama atau asalnya bermakna sama yang disebut tasrif kabir. Misalnya, kata 'ilm (dari ayn, kamu, dan mim), itu satu akar kata dengan 'amal'  (dari ayn, mim dan lam), sebab antara ilmu dan amal itu terkait. Demikian juga Arab dengan Ibrani: Ibrani itulah yang lalu menjadi Hebrew, menjadi orang Yahudi. Jadi orang bani Israil disebut Hebrew atau Ibrani. Karena suka mengembara. 

Malah ada teori dari ahli sejarah bahwa sebetulnya Ibrahim itu namanya bukan Ibrahim. Ada nama lain yang sampai sekarang masih diperdebatkan. Sebab Ibrahim itu dulu asalnya adalah Abram, lalu menjadi Abraham kemudian menjadi Ibrahim. Abram itu artinya orang-orang yang menyebrang, orang yang mengembara. Yang jelas dia mengembara dari Babilonia ke Mesopotamia Utara, kemudian belok keselatan ke kanaan. 

Pandangan seperti ini penting diketahui untuk sampai pada pemahaman mengapa, misalnya Nabi Muhammad hijrah ke kota sebelah utara yaitu Yatsrib, lalu dengan strategi baru beliau berhasil menghimpun kekuatan orang-orang Arab dan kemudian terjadi apa yang dalam istilah para ahli sejarah disebut Arab explosion (ledakan orang Arab). 

Sumber: Ensiklopedi Nurcholish Majid jilid 2.

×
Berita Terbaru Update