Notification

×

Iklan

Iklan

Kegelisahan atau kekhawatiran yang berlebihan bisa di sembuhkan dengan Obat Gelisah.

| Agustus 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-27T03:08:37Z
Berbagai penelitian menemukan bahwa kegelisahan atau kekhawatiran yang berlebihan bisa disembuhkan dengan banyak melakukan aktivitas berpikir, seperti memikirkan ciptaan Allah. Untuk menjaga manusia supaya tidak cepat lupa dan lemah ingatan serta meningkatkan kegiatan berpikir, Allah memerintahkan kita untuk senantiasa memikirkan dan merenungkan ciptaan Allah. 





Firman Allah Swt, yang artinya:
" Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit bumi (seraya berkata), Ya Tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau. Karenanya, peliharalah kami dari siksa neraka,. " (QS Ali Imran 3:19).

Kami turunkan kepadamu Al-Qur'an, agar kamu menerangkan kepada Umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka berpikir ( QS Al-Nahl 16:44).

" Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Qur'an ini pada sebuah gunung, pasti kamu akan melihat nya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia  supaya mereka berfikir. "  (QS Al-Hasyr 59:21).

Itulah yang diajarkan Al-Qur'an sebagai panduan yang lengkap sesuai kebutuhan manusia. Semua itu bertujuan untuk meningkatkankan derajat manusia, dalam hal keilmuan dan akhlak mulia. 

Dengan menerapkan secara benar apa yang diperintahkan dan dilarang Allah Swt, kita bisa hidup nyaman yang diselimuti kebahagiaan dan cinta kasih dengan kesehatan badan dan jiwa. Kita senantiasa merasa segar dan senang dengan segala dianugrahkan Allah, bersyukur dengan rezeki, umur, kesehatan yang diberikan dan beriman dengan qada dan qadar Nya.  Karena, Alquran adalah kitab yang diturunkan Allah Swt kepada Rasul-Nya untuk menyelamatkan manusia dari kegelapan menuju kebenaran dengan izin-Nya. 

Firman Allah:

"Kitab yang kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan yang maha perkasa lagi maha terpuji, " (QS Ibrahim 14:1).

Di samping itu, Nabi Muhammad Saw menekankan untuk belajar, berpikir, dan merenungkan ciptaan Allah SWT.  Beliau bersabda, "Berpikirlah tentang segala sesuatu, tetapi jangan berpikir tentang Zat Allah. Sesungguhnya diantara langit yang ketujuh sampai kursinya terdapat tuju ribu cahaya. Allah diatas semua itu. 

Untuk mengobati kegelisahan selain aktifitas berpikir, sebaiknya melakukan pula aktifitas fisik. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r. a. Yang mendengar Nabi SAW bersabda. " Orang Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada orang Mukmin yang lemah. Dalam segala kebaikan minta tolonglah kepada Allah, jangan lemah. Jika kalian ditimpa sesuatu, janganlah kalian berkata, 'seandainya aku mengerjakan ini atau itu. 'Akan tetapi, katakanlah, Allah yang menakdirkan. Apa yang diinginkan Nya. Dia akan melakukan Nya. Karena kata-kata seandainya membuka peluang setan, (HR Muslim). 


Berbagai penelitian mengakui bahwa aktifitas jasmani berupa kegiatan olah raga merupakan salah satu cara untuk mengurangi tekanan Jiwa. Aktifitas ini berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena, olah raga membantu hormon positif dalam tubuh. Sementara itu, olah raga pernafasan melancarkan aliran darah di otak dan menumbuhkan sel saraf. 

Sumber:Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis. Jilid 4. 
×
Berita Terbaru Update