Notification

×

Iklan

Iklan

Makna kosa kata Nabawi dan Jokowi

| Juli 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-25T03:52:10Z
Oleh: Sheh Shulhawi Rubba. 


Warga di Marga Gamel Sumsel tercatat yang bernama Tn Surmawi , Tn Wawi, Tn Supawi, Tn Mahawi, Tn Surnawi, Tn Martawi, Tn  Sehawi, Tn Yanawi,  Tn Sawawi, Tn Hartawi, Tn Asyarkowi , Tn Burnawi , Tn Surpawi, Tn Nawawi dan nama warga yang akhiran WI lainnya, seperti nama Presiden Jokowi yang nama aslinya Tn Joko Widodo.

Dalam kaidah bahasa Arab ada kalimat yang berakhiran Wi, seperti kosa kata Duniawi, Ukhrawi dan Nabawi. Kata tersebut dalam kaidah bahasa Indonesia seperti kata yang berawalan Ke dan akhiran An, seperti Nabawi (Ke-nabi-an). Selain itu kata yang bermakna group seperti Kelompok Joko disebut Jokowi.

Atas dasar kita penasaran tentang informasi destinasi wisata internasional yang tiada tara di dunia yaitu Raja Ampat Sorong Papua Barat Daya. Pada Agustus 2019, kita pernah nginap semalam di resort Waigeo di pinggir pantai, lokasi yang pernah ditempati keluarga Presiden Jokowi dan Wapres Makruf Amien. 


Ketika Presiden Jokowi meresmikan Tugu Titik Nol Km IKN Nusantara di Sepaku Penajam Paser Utara Kaltim, kita melihat di layar televisi. Ketika itu spontan muncul rasa ingin tau lokasi yang bersejarah tersebut. Walhasil persis pada hari Sabtu, 08 Juli 2022, seusai ibadah Salat Iedul Adha, kita menginjakkan kaki di tugu yang posisinya berada di tengah garis lurus antara Tugu Km Nol di Sabang dan Merauke.

Hal lain yang mungkin secara kebetulan, ketika acara Muktamar NU di Bandar Lampung kita nonton di layar tv laporan wartawan tentang Presiden Jokowi membuka acara tersebut pada 23 Desember 21. Sepekan kemudian, kita nginap semalam di Bandar Lampung sebelum menelusuri jalan Tol ke kota Palembang karya Presiden Jokowi.

Demikian pula sebelum acara Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke kota Pagaralam dan kota Tanjung Enim di Sumsel. Beberapa hari sebelum beliau datang ke lokasi tersebut, kita sudah menginjakkan kaki di 2 kota itu.

Termasuk kisah kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Provinsi Bengkulu kemarin, kita beberapa hari sebelumnya ingin melewati jalan tol yang diresmikannya itu yang panjangnya masih baru 18 km dari Kota Bengkulu ke Taba Penanjung.

Sebuah harapan dari rakyat di Sumatera bagian Selatan, pada suatu saat nanti bisa menelusuri jalan tol dari kota Bengkulu ke kota Palembang atau sebaliknya yang ditempuh selama 4 jam. Pada saat ini waktu 4 jam tersebut hanya untuk menempuh jalan raya dari Bengkulu ke kota Lubuklinggau. Afwan Barokallah maqbulan Amien.



Selasa, 25 Juli 23
Sabdasheh
×
Berita Terbaru Update