Notification

×

Iklan

Iklan

Tour Singapura Bali mampir di Bawean

| Juli 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-20T06:48:35Z
          Oleh: Sheh Shulhawi Rubba


Pulau Bawean itu berada di tengah laut Jawa yang masuk dalam wilayah kabupaten Gresik Jatim. Jalan raya untuk kendaraan bermotor disana yang mengelilingi pantai sepanjang   lebih kurang 40 km, hampir sama dengan jarak Surabaya ke kota Mojokerto.

Sekarang Pulau Bawean menjadi salah satu persinggahan kapal pesiar route Singapore  ke Bali, yaitu mampir di Batam, Belitung, Karimun, Bawean dan Bali. Dengan itu disediakan sebuah warung apung yang menyajikan menu khusus Lobster Bawean buat para wisatawan yang datang.

Kita punya teman kerja di kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya pada abad lalu yang bernama Tn Abubakar Mahfudsn  Beliau bercerita bahwa banyak lelaki yang asal Bawean yang bekerja di Singapura dan Malaysia.

Dalam pengamatan sekilas dan cerita tetokoh masyarakat di pulau Bawean, bahwa penduduk di Bawean berasal dari pelbagai etnis daerah di Nusantara, seperti Etnis Batak, Minang, Banjar, Bugis dan etnis lainnya. Dalam percakapan sehari-hari antar warga menggunakan bahasa Madura. Barokallah Amien 


×
Berita Terbaru Update