Notification

×

Iklan

Iklan

Tujuh orang janda berstatus Hajjah

| Juli 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-17T16:27:15Z
       Oleh: Sheh Shulhawi Rubba


Dalam rumusan ulama Indonesia bahwa rukun Islam yang kelima menunaikan ibadah Haji. Sedangkan dalam Qaul Sheh berada pada urutan keempat, yaitu Safari Manasik Haji dan Ibadah Umrah. Hal ini seirama dengan sabda nabi sendiri yang menyebutkan *Hijjul Bayt* pada urutan keempat, sebelum kalimat yang berbunyi *Shauma Ramadhan* urutan yang terakhir.

Pada tahun ini tercatat ada 6 orang warga *Perum Manggalarang" yang ditakdirkan Allah berangkat ke tanah suci. Salah seorang dari mereka baru saja pulang kemarin, yaitu dr Dani kepala Puskesmas Wonoayu Sidoarjo. Rencana pekan depan pembimbing KBIH Jabal Nur Ust Dr Ahmad Zuhdi Dh M. Fil.i akan segera datang juga langsung dari kota Makkah.


Semacam prediksi, bahwa nanti jamaah haji Indonesia sebagian besar berstatus Lansia, karena mereka sudah masuk daftar tunggu sampai puluhan tahun. Mereka yang berangkat tahun ini daftar haji pada tahun 2011-2012, berarti mereka tunggu selama 12 tahun.

Bagi para miliarder bisa saja daftar sekarang langsung berangkat dalam program ibadah haji Furoda yang harus bayar ratusan juta, seperti warga kampung kita yang bernama Tn Eko dan istri yang baru saja pulang dari Makkah dan mereka langsung buat acara syukuran di Masjid al-Furqan.

Status warga muslim di Perum Manggalarang termasuk dalam kelompok menengah atas, sebagian besar sudah berstatus Haji, minimal Ibadah Umrah. Tetangga kiri kanan rumah kita di *Jalan Sudirman Empat* terdapat 7 orang janda yang pernah Tawaf di Kakbah.

Hal yang menarik pada saat ini, ribuan siswa sekolah dasar dan menengah di Indonesia sudah didaftarkan orang tuanya berangkat haji, seperti kerabat kita di kota Palembang Tn Budi Afriadi , konon putra putrinya sudah masuk daftar tunggu pemberangkatan ke tanah suci. Barokallah maqbulan Amien. 

×
Berita Terbaru Update