Notification

×

Iklan

Iklan

Universitas Islam Madinah (UIM) di kawasan lereng Wadi Aqiq

| Agustus 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-25T02:51:50Z

Di Madinah Al-Munawwarah terdapat Universitas yang terkenal yang bernama Universitas IsIam Madinah (UIM). Universitas IsIam Madinah didirikan pada masa tanggal 23 Maret 1381 H, pada pemerintahan Raja Su'ud bin Abdul Aziz Ali Su'ud, di kawasan lereng Wadi Aqiq. Universitas ini terdiri dari beberapa Fakultas: Fakultas Al-Qur'an, Fakultas Hafits, Fakultas Syari'ah, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, dan Fakultas Bahasa Arab. 
Universitas ini didirikan sebagai institusi pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri dalam pembelajaran kajian Islam. Hampir 80 persen dari 6000 siswa yang terdaftar adalah mahasiswa Internasional dari berbagai penjuru dunia.

Adapun beberapa lembaga pendidikan yang menginduk ke Universitas ini adalah: Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas setingkat SMU, Sekolah Darul Hadits, baik yang berada di Madinah maupun Makkah. 

Di Universitas IsIam Madinah, terdapat ribuan mahasiswa yang berasal dari 138 Negara. Mahasiswa yang telah diterima secara resmi melalui ujian penyaringan. Pihak Universitas menyediakan fasilitas tiket berangkat dari negara mereka masing-masing, tiket perjalanan pulang-pergi  ke negara asal ketika liburan serta tiket pulang bagi mahasiswa yang telah selesai melaksanakan masa pembelajaran. Mahasiswa mendapat fasilitas seperti ; asrama, tranportasi, Buku-buku diktat kuliah, pelayanan kesehatan serta mendapatkan tunjangan beasiswa bulanan. 

Setiap tahunnya, Universitas Islam Madinah menyelenggarakan  ma'radh kutub (pameran buku) yang dihadiri oleh ribuan pelajar dan pengunjung. Perpustakaan Universitas ini juga dianggap sebagai salah-satu perpustakaan terpenting di Madinah, karena memiliki referensi yang banyak untuk berbagai kalangan cendekiawan khususnya untuk para mahasiswa yang sedang menyusun thesis atau disertasi. 
Universitas Madinah ini memiliki infrastruktur yang sangat bagus dan modern, disesuaikan dengan beberapa keperluan dan standar Internasional dengan memiliki tempat tinggal untuk para mahasiswa dengan fasilitas belajar yang sangat memadai. Beberapa asrama juga telah dilengkapi fasilitas intenet. 

Standar Universitas IsIam Madinah ini menjaga  kualitas keislaman dan Internasional nya sehingga siapa saja yang ingin belajar disini harus mengikuti persyaratan yang sudah ditentukan agar dapat diterima di UIM. Terdapat beasiswa penuh yang diberikan kepada Mahasiswa yang berprestasi serta memiliki kemampuan keilmuan yang bagus. Peluang beasiswa lanjutan S1 ke S2 dan S2 ke S3 terbuka secara selektif bagi yang memiliki prestasi belajar out standing (imtiya'z) atau very good (Jayyid jiddan). 



Sumber: Ensiklopedia peradaban Islam jilid 2.
×
Berita Terbaru Update