Notification

×

Iklan

Iklan

Agusiawi Pejabat Menlu sampai Kades

| Agustus 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-16T03:22:26Z
Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Siapapun yang pernah belajar sejarah nasional bangsa Indonesia pasti pernah mendengar nama tokoh Islam yang berstatus Pahlawan Nasional Haji Agus Salim Etnis Minang yang lahir di kota Gadang Sumatra Barat pada 1884 dan wafat pada 1954 di Jakarta.


Beliau adalah wartawan dan politikus dari Partai Syarikat Islam Indonesia bersama HOS Tjokroaminoto. Status H. Agus Salim termasuk salah seorang dari penanda tangan Piagam Jakarta bersama  8 tokoh Islam lainnya. 

Hal yang luar biasa, beliau mahir 9 macam bahasa asing, yaitu bahasa Arab, Turki, Jepang, Latin, Mandarin, Inggris, German, Perancis dan Belanda. Atas dasar tersebut, beliau lalu diangkat Presiden Soekarno sebagai Menteri Luar Negeri di awal kemerdekaan Indonesia.

Nama Agus lain yang menduduki jabatan tertinggi di negara Indonesia, yaitu Tn Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI (Bank Indonesia) yang ke 16 pada tahun 2013 yang dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu nama Agus yang berstatus kepala daerah (Bupati dan Walikota) tercatat nama Walikota Bandar Lampung Tn Agus Hermawan dan Tn Agus Tantomo Bupati Berau Kaltim. Sedang yang berstatus camat dan kepala desa, kita kenal nama Tn Agus Maulidi Camat Candi Sidoarjo dan Tn Agus Siswanto yang berstatus Kepala Desa Larangan Candi Sidoarjo. Kerabat kita di kota Surabaya yang dipanggil Bani Sarwan Om Edi, bernama Agus Sarwo Edi SA .

Kemudian bagi semua mahasiswa yang studi ilmu sosial politik di perguruan tinggi. Mereka pasti mengkaji pemikiran Filosuf Auguste Comte asal Perancis yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi Dunia. Selain itu ada nama artis cantik Indonesia yang viral di medsos yang bernama Pn Okie Agustina.

Sekarang muncul pertanyaan baru dari warga negara di wilayah Nusantara di tahun politik.
Kapan akan muncul nama dari Group Agusiawi sebagai Presiden Republik Indonesia ?
Apakah Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan akan memilih Tn Agus Harimurti Yudhoyono status Ketua Umum Partai Demokrat sebagai calon Wakil Presiden pada pilpres 2024 ?
Afwan Wallahu aklam

Rabu, 16 Agustus 23
Sabdasheh

Foto: Ensiklopedi Islam. 
×
Berita Terbaru Update