Notification

×

Iklan

Iklan

Gerak Langkah Ormas NU dan Parpol PKB.

| Agustus 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-19T05:08:09Z
Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Kemarin kita dapat postingan video via WA dari sahabat karib  Tn Fathurrahman Mantan Hakim Agama yang berdomisli di kota Bondowoso Jawa Timur. Durasi videonya selama 10 menit dan isinya bagus yaitu percikan sejarah perjuangan tetokoh NU dalam dunia politik oleh Gus Yus (Romo Yusuf Muhammad Jember).

Dalam catatan sejarah Islam di Indonesia, bahwa sejak era orde lama status NU adalah parpol setelah keluar dari Partai Masyumi pada tahun 1952. Kemudian baru pada tahun 1984 NU kembali ke khittah 1926 dalam statusnya sebagai ormas Islam. Hal ini diputuskan dalam Muktamar NU ke 27 di Situbondo dengan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid yang dipanggil Gus Dur. 


Konon pada saat Muktamar NU tersebut, ada isyu yang sempat tersiar, bahwa Presiden HM Soeharto akan memilih dan mengangkat Gus Dur sebagai Menteri Agama. Dalam perjalanan waktu ternyata Presiden Gus Dur yang punya hak prerogatif memilih dan mengangkat status Menteri Agama di era reformasi atas barokah Gus Dur yang melahirkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 1998.

Sekarang PKB dipimpin Tn Muhaimin Iskandar yang berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam menjelang pemilu dan pilpres 2024 dengan calon presiden Tn Prabowo Subianto.Pekan lalu Partai Golkar dan PAN sudah menyatakan mendukung pencapresan Tn Prabowo yang berstatus sebagai ketua umum partai Gerindra.


Sekarang timbul pertanyaan dari warga NU yang termasuk simpatisan PKB di Jawa Timur. Apakah Capres Prabowo Subianto akan tetap memilih Tn Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB sebagai Cawapresnya atau akan pilih tokoh NU yang lain, seperti Pn Yenny Wahid putri sulung Gus Dur atau Pn Khafifah Indar Parawansa yang sedang menjabat Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024 dan berstatus sebagai Ketua Umum Jam'iyah Muslimat NU 5 periode.


Dalam opini pengamat politik, terbuka lebar kemungkinan Capres Prabowo akan memilih cawapres tokoh nasional yang lain, seperti miliarder Tn Erick Thohir kelahiran Jawa Utara dalam istilah Gus Dur terhadap nama wilayah Lampung pada saat beliau lengser keprabon.

Konon status Tn Erick Thohir sudah memiliki kartu anggota Ansor pada saat perayaan se-abad NU di Sidoarjo Jawa Timur. Beliau dalam status sebagai Menteri BUMN diangkat oleh PBNU menjadi ketua panitia perayaan se-abad NU (1344-1444) pada Selasa, 07 Februari 2023. Afwan Wallahu aklam.

Sabtu, 19 Agustus 23
Sabdasheh
×
Berita Terbaru Update