Notification

×

Iklan

Iklan

Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah untuk membangun karakter bangsa yang luhur dan mulia

| Agustus 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-15T03:20:31Z
Sejarah mencatat bangsa kita dapat tegak berdiri, lepas dari belenggu penjajahan karena bangsa kita memiliki karakter pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa kita yang Majemuk dan multikultural dapat semakin rukun dan bersatu karena kita memiliki karakter dan jati diri bangsa berdasarkan Pancasila serta seloka Bhinneka Tunggal Ika. 


Sejak berabad-abad silam, bangsa kita dikenal sebagai bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang ramah dan toleran, bangsa yang selalu guyub dan bergotong royong, itulah karakter bangsa kita yang luhur, karakter yang harus terus kita wariskan kepada generasi mudah bangsa kita saat ini dan mendatang agar tumbuh, sekali lagi, menjadi bangsa yang bermartabat. 


Sebagai bagian dari upaya itu, Gerakan Pramuka harus terus dibina dan dikembangkan. Agar dapat mencetak generasi muda yang berkarakter unggul dan berwawasan kebangsaan yang kuat. Itu penting, karena generasi muda saat ini akan menjadi pelaku sejarah yang menentukan kemajuan bangsa. 

Pramuka harus tampil sebagai Penggerak utama kemajuan bangsa, generasi yang akan mengukir pahatan-pahatan sejarah baru yang lebih mengesankan dan lebih membanggakan. 


Gerakan Pramuka sangat berperan dalam upaya pemantapan komitmen generasi muda terhadap empat konsesus dasar bangsa kita, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Pemantapan empat konsesus dasar itu atau empat Pilar kehidupan bernegara itu, dapat memperkokoh idealisme, Cita-cita dan militansi generasi muda untuk menjadi komponen bangsa yang cerdas, unggul, tangguh, penuh data inovatif, dan tetap bersatu; komponen bangsa yang mandiri dan tegar. 




Dengan empat konsesus dasar itu pula, kita ingin menjadikan generasi muda kita memiliki Akhlak kepribadian yang luhur dan mulia, memiliki sikap toleran dan humanis, serta siap bersaing di era global. 

Melalui gerakan Pramuka, generasi muda dapat memupuk mental kepribadian yang kuat, ulet, pantang menyerah, dan berdisiplin; kepribadian yang akan menjadikan bangsa kita sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju. 




Sumber: Ensiklopedia Praja Muda Karana. 

Foto: Persami, M.I. Al-Fitrah, Kedinding Lor,  Surabaya. 
×
Berita Terbaru Update