Notification

×

Iklan

Iklan

Jejak Kiai Pejuang dan Pendidik.

| Agustus 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-18T11:47:20Z
"... kiai Hasyim Latif merupakan sosok panutan dari banyak sisi. Selain kedisiplinan dan yang rapi dan enak dipandang, beliau juga memiliki karakter dan kepemimpinan yang jelas dan ketrampilan administrasi yang bagus. Keempat aspek itu hampir tidak ada yang melekat secara lengkap pada diri kebanyakan pengurus Nahdlatul Ulama kala itu. Masuk Nahdlatul Ulama, kala itu, yang banyak hanya berbekal niat ikhlas lillahi ta'ala. Manut Kiyai, niat melayani para Ulama. Itu saja. Belum banyak yang didukung ketrampilan seperti yang dimiliki oleh Kiai  Hasyim Latief. 


Jika diberi tugas, beliau selalu bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Dapat dipastikan, tugas tersebut selesai sebelum ditanyakan. Dengan begitu, orang yang memberi tugas juga senang. Makanya, beliau selalu diberi amanah penting di PWNU Jawa Timur mulai Tahun 1967 hingga 1984. Mulai dari Sekretaris, beberapa kali waki ketua, hingga ketua. Setelah itu, beliau ditarik je PBNU sebagai salah satu ketua, Rais Syuriah, hingga Mustasyar. Hanya orang yang benar-benar hebat, ikhlas, setia, dan teruji, yang dapat meraih jenjang kepercayaan seperti itu....." 


K. H. Miftkhul Ahyar, Rois Aam Pengurus
                                      Besar Nahdlatul Ulama. 

"... Beliau adalah Tokoh NU yang gemar membaca. Dalam memimpin NU, saya punya catatan tersendiri, tentang K. H. M. Hssyim Latief ini yang selalu berpegang teguh pada prinsip dasar NU, yakni Muqaddimah Qonun Asasi (Pembukaan UUD organisasi) yang ditulis Handratussyaikh K. H. Hasyim As' ari. Muqaddimah ini terdiri dari puluhan ayat Al-Qur'an dan Hadis serta penegasan para sahabat dan qaul para Ulama Salaf. Dan yang sangat penting dalam Muqaddimah tersebut ada penegasan K.H. Hasyim As'ary tentang jati diri Jam'iyah yang dinamakan NU. 

Begitulah K.H.M. Hasyim Latief mengawali pengabdiannya di NU. Seorang Tokoh NU yang dibanggakan dan patut diteladani dan ditiru oleh generasi penerus - terutama Milenial NU. Apa yang ditulis Mohammad Subchan ini telah cukup menggambarkan jati diri dan citra diri K. H. M. Hasyim Latief sebagai pemimpin NU patut diteladani. Monggo dimiliki dan di baca...! " Drs.H.Choirul Anam, Editor. 
×
Berita Terbaru Update