Notification

×

Iklan

Iklan

Mausu'ah Ulumul Qur'an (Pustaka Ulumul Qur'an)

| Agustus 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-03T03:49:05Z

Sambutan kepala Lajnah:

Buku Asbabun-Nuzul adalah sebuah upaya untuk memberi pemahaman yang lebih untuk terhadap Al-Qur'an dengan cara menghadirkan dan menghimpun sejumlah riwayat dari berbagai sumber dengan mempertimbangkan kesahihan dan ketegasan redaksional sebagai sebab Nuzul. Buku ini juga di lengkapi dengan pengantar tentang ilmu Asbabun-Nuzul  sehingga bisa dijadikan sumber rujukan akademik bagi para pengkaji Al-Qur'an. 

Buku keutamaan Al-Qur'an dalam kesaksian sunnah menjelaskan keutamaan Al-Qur'an dan surah-surahnya secara utuh dengan berdasarkan pada penjelasan Nabi seperti yang diriwayatkan oleh para ahli hadis. Dalam memilih hadis-hadis yang dijadikan sumber rujukan, diutamakan hadis-hadis yang berkualitas shahih dan hasan. 

Buku Makkiy dan Madaniy menjelaskan seputar periodisasi turunnya durah-surah Al-Qur'an sebagai sumber rujukan dalam penetapan klasifikasi surah dalam Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia. Buku ini berisikan pendapat para mufasir seputar  status surah dan dalil-dalil yang dijadikan referensi atau dasar penetapan. Dengan kata lain, buku ini bisa disebut sebagai dasar akademik penetapan klasifikasi surah dalam Mushaf Al-Qur'an standar Indonesia. 
Dr. Muchlis M. Hanafi, M. A. 

Sambutan Kepala Badan Litbang dan Diklat. 

Untuk mendapatkan pemahaman mengenai Sl-Qur'an tidak cukup hanya dengan mengandalkan terjemah dan tafsirnya saja. Namun diperlukan perangkat ilmu-ilmu lain atau kajian-kajian lain yang mendukung pemahaman tersebut. Oleh karena itu, lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Litbang dan diklat menyusun buku yang berisi Pustaka Ulumul Quran yang didasarkan pada keterangan hadis-hadis Nabi yang mu'tamad (yang dapat dijadikan sandaran karena memiliki kualitas yang sahih atau hasan. 
Prof. Dr. H. Abdul Djamil, M. A. 

6 Jilid. 

Jilid 1 - 2 (Asbabun Nuzul). 

Jilid 3 (keutamaan Al-Qur'an) 

Jilid 4 - 6 (Makkiy & Madaniy ;  Periodisasi Pewahyuan  Al-Qur'an) 
×
Berita Terbaru Update