Notification

×

Iklan

Iklan

Melihat Kairo Lebih Dekat 1 (Satu)

| Agustus 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-14T05:10:00Z
Kairo kota yang sangat penting dalam catatan sejarah umat manusia yang terukir dalam kemegahan sebuah peradaban tertua. Ibu kota negara Mesir ini sudah tak asing lagi terdengar di telinga. 


Sejak dulu telah terjadi pergumulan antar peradaban di negeri ini. Imperium-imperium besar, seperti Bizantium  Persia, Yunani, dan Romawi, saling berlomba untuk menguasai daerah yang mereka anggap sebagai ibunya dunia (Umm ad-dunya) ini. Di sinilah tempat Agama-agama samawi dan para nabi diturunkan sehingga tak heran kalau awal kebudayaan manusia muncul disini. Di samping itu, posisi daerah ini memang sangat strategis, sebagai jembatan antar benua, yakni Eropa, Asia, dan Afrika. 

Khazanah peradaban masa lalu memang telah mengangkat Mesir ke pentas Dunia. Bahkan, tidak sedikit kalangan yang menganggap Mesir layak untuk disebut sebagai mahd al-hadarat, induk dari segala peradaban. 


Negara yang berada di sudut Benua Afrika ini sekilas tampak biasa saja, seperti umumnya Negara Berkembang, namun menjadi luar biasa karena kekayaan budaya dan warisan sejarah yang dimilikinya. 

Sumber: Encyclopedia of Islamic Civilation. 

Bersambung... 
×
Berita Terbaru Update