Notification

×

Iklan

Iklan

Melihat Kairo Lebih dekat 3 (tiga)

| Agustus 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-14T17:02:06Z
Batasan wilayah Timur Tengah

Negeri Mesir merupakan salah-satu negeri yang terletak di kawasan Timur Tengah. Penamaan kawasan ini sebagai Timur Tengah pada awalnya diprakarsai oleh penjajah Inggris yang mengkavling daerah jajahannya menjadi tiga bagian. Pertama, Timur dekat (Near East atau asy-Syarq sl-adna), sebutan untuk daerah disekitar Eropa. Kedua, Timur Tengah (Middle East atau asy Dari al-ausat), sebutan untuk kawasan Jazirah Arab dan sekiranya. Ketiga, Timur Jauh (Far East atau asy-Syarq al-aqsa). 


Kemudian daerah-daerah yang termasuk timur Tengah pun diperdebatkan oleh para pengamat. Ada yang berpendapat bahwa Timur Tengah adalah daerah-daerah yang berpenduduk orang Arab saja. Ada juga yang mengatakan bahwa Timur Tengah adalah seluruh negara Arab di kawasan ini plus Israel. Pendapat kedua ini menyebutnya Timur Tengah model baru. Kemudian pendapat ketiga mengatakan bahwa Timur Tengah adalah negara-negara berpenduduk Muslim terbesar dari Lautan Atlantik di al-Maghrib al-Arabi sampai negara-negara yang berpenduduk Muslim pecahan Uni Soviet di Asia Tengah, termasuk di dalamnya Turki dan Iran. Pendapat terkhir tampaknya lebih mendekati kebenaran. 


Kawasan ini pada zaman sekarang selalu dirundung konflik, baik yang bersifat lokal maupun antarnegara. Perang Teluk adalah satu diantara konflik yang pernah terjadi dikawasan ini. Konflik terpenting yang menerpa kawasan ini adalah berdirinya negara Israel dengan mencaplok Palestina dan menjajah al-Quds. 

Sumber: Encyclopedia of Islamic Civilization

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update