Notification

×

Iklan

Iklan

Melihat Kairo Lebih Dekat 4 (Empat)

| Agustus 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-15T06:08:20Z
Asal-usul Mesir

Dalam bahasa semit, negeri ini disebut Misr, dari kata ma-sa-ra yang berarti Istana Tuhan ra. Seperti juga Kairo yang diambil dari kata ka-hi-ra yang berarti kuil tempat tinggal anak Tuhan ra. Orang Mesir sendiri menamakan negeri mereka sebelum zaman Firaun dengan kemy atau negeri yang hitam tanahnya. 


Adapun Egyt  berasal dari kata hecopatah, yang di ambil dari sebutan orang Mesir sendiri terhadap ibu kota kerajaan mereka di Menaf (Memphis). Egypt berarti tempat persemayaman rohTuhan Betah, Tuhan perindustrian Mesir. Kemudian penyebutan ini di pelesetkan oleh orang Yunani dengan sebutan Egyptus.  Kata Egyptus ini juga berasal dari kata Qibty dan juga Gypsi ( bangsa Homeles), yang terkena di Eropa yang melahirkan musik terbaru Timur, seperti group  Gypsi king yang terkenal, dan juga melahirkan tarian rakyat yang terkenal goyangannya yang disebut Flaminco. 

Dalam Al-Qur'an, kata Misr disebutkan sebanyak lima kali, empat kali tanpa tanwin dan satu kali memakai tanwin. Ada kemungkinan bahwa kata Misr menunjuk pada suatu daerah yang kita kenal sekarang ini. Misr juga berarti  pemberian atau karunia karena Mesir menurut kepercayaan Mesir kuno merupakan pemberian dari Sungai Nil (hebat an-nil). 

Negeri ini dikemudian hari mendapat banyak julukan, seperti ard al-kinanah (bumi kinanah), ard  al-anbiya (bumi para Nabi), hebat an-nil (anugrah dari sungai Nil), kunu al-atsar (gudang peninggalan sejarah), turab al-ajdad (tanah nenek moyang), mahd  al-hadarat (induk berbagai peradaban), ukht az-zaman (saudara perempuan zaman), dan Qiblah al-anbiya (kiblat para Nabi). 

Republik Mesir secara administratif dibagi menjadi 26 provinsi (muhasabah), yaitu:

. Aswan
. Asyut
. al-Bahr al-Ahmar
. Bani Supaya
. Buhayrah
. But Said
. Daqahliyah
. Dumyat
. Fayyum
. Gharbiyah
. Iskandaria (Alexandria) 
. Ismailia
. Janub Sina
. Jizah
. Kafr ash Shaykh
. Matruh
. Minufiyah
. Minya
. Kairo
. Qslyubiyah
. Qina
. Syamal Sina
. Suara Iyah
. Suhaj
. Suways
. al-Wadi al-Jadid

Sumber: Encyclopedia of Islamic Civilization. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update