Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelajahi Peradaban Mesir 1 (Satu)

| Agustus 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-30T04:50:12Z
Peradaban Mesir Kuno 1 (satu) 

Mesir kuno adalah satu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang pertengahan hingga hilir sungai Nil dan mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-2 SM, sebuah massa yang di sebut sebagai periode jerajaan baru. Daerahnya mencakup wilayah delta Nil di utara hingga Jebel Barkal di katarak keempat Nil. Pada beberapa Zaman tertentu, peradaban Mesir meluas hingga bagian selatan Levant, Gurun timur, pesisir pantai Laut Merah, semenanjung Sinai, serta Gurun Barat (terpusat pada beberapa oasis). 



Persdaban Mesir kuno berkembang selama kurang lebih tiga setengah abad. Dimulai dengan Unifikasi awal  kelompok-kelompok yang ada di lemba Nil sekitar 3150 SM, peradaban ini secara tradisional dianggap berakhir pada sekitar 30 SM, saat kerajaan Romawi awal menaklukan dan menyerap wilayah Mesir Ptolemy sebagai propinsi dari Kerajaan Romawi. 

Walau kekuasaan Romawi ini bukanlah pendudukan asing pertama terhadap Mesir, periode Romawi menimbulkan suatu perubahan politik dan Agama secara bertahap di lembah Nil, yang secara efektif menandai berakhirnya perkembangan peradaban independen Mesir. 

Sumber: Encyclopedia Of Islamic Civilization. 


Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update