Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelajahi peradaban Mesir 3 (tiga)

| Agustus 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T23:55:48Z
Peradaban Mesir Kuno 3 (tiga) 

Di antara pencapaian peradaban Mesir kuno antara lain teknik pembangunan Monumen, seperti puramida, kuil, dan obelisk; pengetahuan matematika; teknik pengobatan; sistem irigasi dan agrikultur; teknologi tembikar glasir bening dan kaca; seni dan arsitektur yang baru; sastra Mesir kuno; dan traktat perdamaian pertama yang pernah diketahui. 



Mesir telah meninggalkan warisan yang abadi. Seni dan arsitektur banyak di tiru, dan barang-barang antik buatan peradaban ini dibawa hingga ke ujung dunia. Reruntuhan-teruntuhan momentalnya menjadi inspirasi bagi pengelana dan penulis selama berabad-abad. 

Drama sejarah itu dimulai menjelang tahun 3400 SM. kala itu di Mesir timbul Revolusi Kebudayaan yang merupakan titik tolak kemajuan zaman, yaitu dimulainya budaya bercocok tanam. Akibatnya, kehidupan nomaden kini berubah menjadi menetap, lalu berdirilah suatu masyarakat baru. Setelah kian berkembang, akhirnya terbentuklah, kerajaan-jerajaan kecil. 

Menjelang tahun 3000 SM, kerajaan-kerajaan kecil itu terpolarisasi menjadi dua kerajaan-kerajaan besar, yaitu Mesir Hulu, di daerah selatan, dengan ibu kota Thebes (kini Luxor); dan Mesir Hilir di daerah utara, dengan ibu kota Memphis. Selanjutnya raja Mesir Hiliryang bernama Menes bisa menyatukan dua kerajaan tersebut dan ditetapkanlah Memphis sebagai ibu kota. Usaha Menes rupanya tak cuma itu, pada zamannya pula berhasil diciptakan jenis huruf atau lambang hieroglif. 

Sumber: Encyclopedia Of  Islamic Civilization. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update