Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelajahi Peradaban Mesir

| Agustus 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-29T12:52:26Z
Dalam buku Qasamat al-Alam al-Islami al-Mu'asir, Mustafa Mu'min menyebutkan bahwa Mesir merupakan negara yang terkenal dengan sejarah perdabannya, yang telah ada semenjak tahun 4000 SM. Ia merupakan negara para Nabi, dan setiap agama Samawi memiliki hubungan sejarah dengan Mesir. Sebagian sejarawan yang mengatakan bahwa nama Mesir merupakan nama yang diberikan orang Arab yang melintasi daerah itu dalam perjalanan dagang ke Asia dan Afrika. Nama lain Mesir adalah Egypt, yang berarti Qibty. Nama Egypt Ini merupakan nama yang dipakai orang Barat ketika menyebut Mesir. 

Dengan peradabannya yang telah dimulai sejak 7000 tahun yang silam, ia termasuk salah satu diantara negara yang menempati urutan papan atas tujuan wisata dunia. Hal ini tidak aneh, apalagi piramida dan Sphinx (salah satu dari tujuh keajaiban dunia) sudah ribuan tahun sebelum Masehi berdiri kokoh menjadisaksi bisu lahirnya Peristiwa-peristiwa bersejarah di lembah Nil. 


Tidak heran jika setiap jengkal tanah yang kita pijak di bumi Mesir merupakan saksi sejarah yang memberikan cerita tersendiri. Berada di Mesir seolah-olah sedang menelusuri sebuah "Museum raksasa" Yang menyimpan ribuan peninggalan sejarah berbagai peradaban, mulai dari Mesir kuno (Koptik), Firaun (Pharaoh), Yunani (Helenisme), Romawi, hingga peradaban Islam. 






Sumber: Encyclopedia Of Islamic Civilization. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update