Notification

×

Iklan

Iklan

Status Merah Putih di Bumi Cendrawasih

| Agustus 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-14T03:35:31Z
Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Alkisah pada 17 Agustus 2016 ketika perayaan Tahun Baru Kemerdekaan Indonesia ke 72, kita tawaf di Kota Rusa Merauke Papua Selatan. Pada saat itu, kita sempat menyaksikan para undangan dari warga Papua Nugini yang datang dari kampungnya di pedalaman dengan berjalan kaki. Mereka diterima panitia di Pos Perbatasan Sota Merauke Papua  Selatan. 

Beberapa bulan yang lalu, sebelum Ruang halaman Hello ditutup. Kita sempat melihat beberapa video tentang aktivitas aparat keamanan negara yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz di Puncak Jaya. Dalam video tersebut tampak transaksi warga Papua yang melakukan transaksi barter hasil bumi dengan produk industri, seperti sebuah Nangka ditukar dengan sekardus Indomie.

Banyak hal yang menarik perhatian di Tanah Papua, seperti bulan lalu Menko PMK Muhadjir Effendy bersama rombongan datang ke Tanah Papua membawa bantuan bahan pangan buat warga Papua di wilayah Pegunungan Jayawijaya yang ditimpa musibah kelaparan, karena wilayahnya kekeringan akibat kemarau.

Atas dasar himbauan pemerintah pusat supaya warga negara di seluruh tanah air Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Agustus. Timbul pertanyaan. Apakah setiap Honai di kampung yang terletak di pedalaman Tanah Papua turut mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Tahun Baru ke 79 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ? Afwan kawan




Senin, 14 Agustus 23
Sabdasheh
×
Berita Terbaru Update