Notification

×

Iklan

Iklan

Era Mesir Kuno 14 (Empat Belas)

| September 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-21T20:42:30Z
Periode Pradinasti: (3100-2686 SM) 
DI Mesir Utara, Badari diikuti oleh peradaban Amratia dan Gerzia yang menunjukkan beberapa pengembangan teknologi. Bukti awal menunjukkan adanya hubungan antara Gerzia dengan kananan dan Pantai Byblos. 

Sementara itu, di Mesir selatan, peradaban Naqada, mirip dengan Badari, mulai memperluas kekuasaannya di sepanjang Sungai Nil sekitar tahun 4000 SM. Sejak Masa Naqada I, orang Mesir Pradinasti mengimpor obsidian dari Etiopia untuk membentuk pedang dan benda lain yang terbuat dari flake. Setelah sekitar 1000 tahun, peradaban Naqada berkembang dari masyarakat pertanian yang kecil menjadi peradaban yang kuat. 

Pemimpin mereka berkuasa penuh atas rakyat dan sumber daya alam lemba Sungai Nil. Setelah mendirikan pusat kekuatan di Herakonpolis, lalu di Abydos, Naqada III memperluas kekuasaan ke Utara. 

Kebudayaan Naqada mampu membuat berbagai macam barang yang menunjukkan peningkatan kekuasaan dan kekayaan dari para penguasanya, seperti tembikar yang di cat, vas batu dekoratif yang berkualitas tinggi, pelat kosmetik, dan perhisan yang terbuat dari emas, lapis dan gading. 

Mereka juga mengembangkan glasir keramik yang dikenal dengan nama tembikar glasir bening. Pada fase akhir masa Pradinasti, peradaban Naqada mulai menggunakan simbul-simbul tulisan yang akan berkembang menjadi sistem hieroglif untuk menulis Bahasa Mesir kuno. 

Bersambung.... 


×
Berita Terbaru Update