Notification

×

Iklan

Iklan

Era Mesir Kuno 17 (Tuju Belas)

| September 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-26T05:41:15Z
Periode Kerajaan Lama (2686-2181) 
Periode Kerajaan Lama dimulai dengan Dinasti ke-3 Firaun. Sekitar 2630 SM, raja Dinasti ke-3  Djoser, meminta Imhotep - seorang arsitek, pendeta, dan penyembuh - Untuk merancang sebuah monumen penguburan bagi dirinya. Hasilnya adalah bangunan baru megah pertama di dunia, piramida bertingkat di Sakkara, dekat Memphis. 

Bangunan piramida mencapai puncaknya dengan pembangunan tiga Piramida besar di Giza, pinggiran  Kairo. Piramida pertama di bangun oleh Khufu ( atau Cheops dalam bahasa Yunani), yang memerintah 2589-2566 SM. Dua Piramida yang lain dibangun untuk penerus Khufu, yaitu Khafra (2558-2532 SM) dan Menkaura (2532-2503 SM). Oleh para sejarawan klasik, ketiga Piramida itu disebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban Kuno. 

Kemajuan dalam bidang arsitektur, seni, dan tehnologi dibuat pada masa Kerajaan lama. Kemajuan ini didorong oleh meningkatnya produktivitas pertanian, yang dimungkinkan karena pemerintahan pusat dibina dengan baik. 

Dibawah pengarahan wazir, pejabat-pejabat negara mengumpulkan pajak, mengatur proyek irigasi untuk meningkatkan hasil panen, mengumpulkan petani untuk bekerja di proyek-proyek pembangunan, dan menetapkan sistem keadilan untuk menjaga keamanan. 

Dengan sumber daya Surplus yang ada karena ekonomi yang produktif dan stabil, negara mampu membiayai pembangunan proyek-proyek kolosal dan menugaskan pembuatan karya-karya seni istimewa. Piramida yang dibangun oleh Djoser, Khufu, dan keturunan mereka, merupakan simbol peradaban Mesir Kuno yang paling terkenal. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update