Notification

×

Iklan

Iklan

KH. Abdul Chalim Leuwimunding (1898-1972) Kiai Pejuang dari Tanah Pasundan 3 (Tiga)

| September 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-30T11:46:39Z
Sementara Kiai Abdul Chalim Leuwimunding adalah pendiri Nahdlatul Ulama, tokoh pergerakan Nasional yang turut berjuang dalam masa kemerdekaan dan revolusi Indonesia. Pada usia 16 tahun, Abdul Chalim berkelana ke Makkah untuk mengaji, belajar ilmu-ilmu agama. 

Ia sampai Makkah pada tahun 1914, bertemu dengan beberapa kawan dari Nusantara, terutama Kiai Wahab Chasbullah. Di Makkah Abdul Chalim menyusul dua pamannya yang sudah mengaji terlebih dahulu di kota Suci, H Ali dan H. Jen. Kemudian tahun 1917, Abdul Chalim kembali ke Nusantara, serta melanjutkan pengembaraan di pesantren Jawa Timur. 

Pertemanan dengan Kiai Wahab Chasbullah, dan tabarrukan mengaji dengan Kiai Hasyim Asy'ari menjadikan Kiai Abdul Chalim Leuwimunding merasakan denyut nadi perjuangan kebangsaan yang digelorakan para Kiai. 

Kiai Abdul Chalim merasa dekat dengan pergerakan santri Kiai yang tidak sekedar memperjuangkan nasib kelompok, namun juga bangsa secara utuh. Apalagi, kedekatan Kiai Abdul Chalim dengan Kiai Wahab Chasbullah, sebagai kawan ketika belajar di Makkah, menambah semangatnya. 

Bersambung.... 
×
Berita Terbaru Update