Notification

×

Iklan

Iklan

Kia Maskur Malang 1902-1992 Komandan Sabilillah dari Bumi Arema 3 (Tiga)

| September 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-21T02:21:15Z
Berorganisasi, Mengabdi Pada Kiai
Karir Organisasi Kiai Masykur dimulai sejak ia menetap di Singosari Malang. Meski, selama mengaji di pesantren bakat Organisasinya sudah terasah, namun kepemimpinan dan pengabdiannya pada masyarakat dan agama tersemai ketika menggerakkan pendidikan di Singosari Malang. Kiai Masykur juga menjadi ketua Nahdlatul Ulama Cabang Malang

Kiai Masykur juga merupakan salah satu Tokoh penting dalam jaringan para militer Santri. Ia mengomando Laskar Sabilillah, yang merupakan titik jaringan pejuang pesantren dari level Kiai dan pengasuh pesantren. 

Laskar Sabilillah, bekoordinasi dengan Laskar Hisbullah pimpinan Kiai Zainul Arifin (1909-1963) untuk berjuang menjemput kemerdekaan. Dalam catatan sejarah Pesantren, peran Laskar Sabilillah dan Hisbullah sangat besar untuk menggerakkan semangat perjuangan kebangsaan. 

Ketika meletus perlawanan arek Suroboyo pada November 1945, perjuangan Laskar sabilillah dan Hisbullah mengobarkan semangat kaum Santri. Terlebih, setelah Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari menggerakkan Resolusi jihad pada 22 Oktober 1945.

Kepemi Kiai Masykur dalam menggerakkan Laskar Sabilillah menjadi catatan penting. Beliau juga dikenal dekat dengan Kiai-kiai yang mendirikan Nahdlatul Ulama, semisal Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari, Kiai Bisri Syansuri, Kiai Wahab Hasbullah, Kiai Wahid Hasyim, dan beberapa Kiai pesantren di penjuru Jawa. 

Kiai Masykur juga dekat dengan Panglima Sudirman, ketika bersama-sama menggeu pemuda untuk berjuang pada periode revolusi kemerdekaan. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update