Notification

×

Iklan

Iklan

Membaca Perjalanan, Kiprah, dan Karya Syikh Nawawi al-Bantani 9 (Sembilan)

| September 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-07T02:19:06Z
Di bidang Hadits dan sejarah, karya Syaikh Nawawi antara lain:Tanaihul Qawl al-Hatsits, (al-Kutub al-Arabiyah),  Bughyatul Awwam  (Mesir: Mathba'at al-Jadidah al-Amirah, 1297 H), Al-Ibriz  al-Dani fi Masjid Sayyidina Muhammad al-Syayyid al-Adnsni (Mesir: Hijr, 1299 H), Madarijush Shu'ud  ila iktisa il Burud, (Mesir: Mathba'at Mushtafa al-Babi al-Halabi, 1327 H), dan Targhibul  Musytaqin (Makkah: Mathba'at al-Miriyah1311 H). 

Bidang Bahasa, karya Syaikh Nawawi antara lain: Fathul Ghafir al-Khaththiyah 'ala' Kawakibil Jaliyah fi Nazhmil Ajurumiyah (Mesir: Bulaq, 1298 H), Al-Fhushushul  Yaqutiyah, (Kairo: Mathba'at al-Bahiyah 1299 H), Kasyful  Muruthiyah 'an Sitarill Ajurumiyah (Kairo: Mathba'at Syarf, 1308 H), Lubabul Bayan Fi Ilmil Bayan  (Kairo: Mathba'at Muhammad Mushthafa, 1301 H), dan al-Riyadhul Qawliyah  (Mesir: 1299).

Menurut Prof. Dr. HMA. Tihami, Guru Besar UIN SMH Banten, dua kekuatan yang paling menonjol pada diri Syaikh Nawawi adalah, pertama, beliau seorang Mujahid, yang melawan penjajahan Belanda dan menggelorakan spirit perlawanan itu pada murid-muridnya. Kedua, beliau seorang Mujtahid di bidang ilmu pengetahuan yang kalibernya Internasional. Menyatunya karakter seorang Mujahid dan Mujtahid  itulah yang membuat karya-karya Nawawi terus mendapatkan tempat dihati Umay Islam. 

Syaikh Nawawi wafat di Syeib A'li, pinggiran kota Makkah, pada 25 Syawal Hijriah, atau 1879. Beliau dimakamkan di pemakaman Ma'la bersebelahan dengan makam anak prempuan Sayyidina Abu Bakar Ash- Shiddiq, yaitu Asma binti Abu Bakar, dan Ibn Hajar Al-Haitami, seorang Ulama besar dari Mesir. Setiap tahun selalu diadakan haul untuk sang Syaikh di Tanara Banten yang dihadiri ribuan warga dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. 

Sumber: Manawa (Majmu'ah Nawawi al-Bantani) 
Al-Fatikha..... 
Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update