Notification

×

Iklan

Iklan

Membaca Perjalanan, Kiprah, dan Karya Syaikh Nawawi al-Bantani 7 (tujuh)

| September 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-04T04:44:22Z
Menjadi Tokoh Dunia 2 (dua) 

Menurut sejumlah sumber, jumlah buku yang di tulis Syaikh Nawawi diperkirakan tidak kurang dari 115 judul di berbagai bidang keilmuan Islam, meliputi taukhid, Fiqih, bahasa, tasawuf, tafsir, hadis, dan lain-lain. Prof. Dr. Syibli Syarjaya dalam sebuah diskusi di BPAD Provinsi Banten menceritakan bahwa pada tahun 1970-an, beliau di undang ke Belanda untuk sebuah kepentingan akademik dan sempat diajak untuk melihat kumpulan karya Syaikh Nawawi di sana. 

Namun, riset belakangan menyebut jumlah karya Syaikh Nawawi itu masih perlu di teliti ulang dan dipastikan lagi melalui proses pemilahan. Dr. Mukti Ali, peneliti senior dan Dosen dari UIN SMH Banten dalam sebuah diskusi di Bank Indonesia Provinsi Banten menyatakan bahwa jumlah buku yang ditulis sang Syaikh sebetulnya tidak sampai sebanyak itu mengingat ada beberapa karya yang sama isinya. 

Terlepas dari perbedaan terkait jumlah buku yang di tulis, tetapi kita bisa menemukan bukti yang menjadi kelebihan Syaikh Nawawi dengan seluruh karyanya. Beliau mampu menghadirkan karya keislaman yang sanggup melayani kebutuhan manusia terhadap pengetahuan dari Usia Anak-anak sampai tua. 

Sumber: Manawa (Nawawi al-Bantani) 



×
Berita Terbaru Update