Notification

×

Iklan

Iklan

1 (Satu) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI)

| Oktober 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-17T02:54:33Z
tegursapanews - Struktur organisasi ICMI terdiri dari: (1) Pimpinan Harian, yaitu ketua umum yang dibantu oleh enam orang asisten, tiga orang sekretaris, dan seorang bendahara; (2) Dewan Penasihat; dan (3) Dewan Pakar ICMI, terbagi atas enam departemen, yang masing-masing membawai lima bidang:
Yakni Departemen Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi, Departemen Ilmu Ekonomi dan Kemasyarakatan, Departemen Pembinaan Ekonomi Lemah dan Kemasyarakatan, Departemen Pembinaan Sumber Daya Manusia dan Pembudayaan, Departemen Pembinaan Ummat, dan Departemen Organisasi dan kelembagaan. 

Perencanaan dan pelaksanaan program kerja ICMI dikembangkan melalui pendekatan lima fungsi, yaitu: (1) fungsiinalisasi potensi kelembagaan yang sudah ada, (2) institusionalisasi penguatsn kelembagaan melalui gagasan-gagasan baru. 

(3) Disseminasi model-model inovatif, (4) integrasi atau perekatan solidaritas antarumat Islam, dan (5) mobilisasi dan pengorganisasian potensi sumber daya secara efektif. 

Dalam penjelasan para pendiri ICMI, pembentukan organisasi ini berasal dari sebuah ide sederhana lima mahasiswa Universitas Brawijaya untuk mempertemukan para Cendekiawan Muslim nasional guna membicarakan sumbangsih umat IsIam dalam era tinggal landas. 

Ide ini menjadi merebak ketika sejumlah tokoh Islam yang diajak berembuk merancang acara itu berpandangan bahwa apa yang dibutuhkan bukan lagi hanya sebuah pertemuan, melainkan wadah permanen bagi pertemuan para intelektual muslim secara berkelanjutan. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update