Notification

×

Iklan

Iklan

2 (Dua) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI)

| Oktober 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-17T23:10:53Z
tegursapanews - Orang yang kemudian menentukan lahirnya ICMI adalah B.J. Habibie, Menteri Riset dan Tehnologi pada Kabinet Pembangunan V RI. Teknokrat ini semula hanya ditempatkan sebagai salah satu pembicara utama dalam Simposium yang dirancang. 

Namun ketika gagasan pembentukan ICMI semakin menemukan bentuknya, nama Habibie, orang yang digambarkan sebagai contoh Intelektual Islam dengan penguasaan teknologi mendalam dan berwawasan jauh ke depan, menjadi kandidat utama sebagai ketua organisasi. 

Antusiasme umat Islam Indonesia untuk mendukung rencana ini berkembang lebih jauh lagi. Lima ratus cendekiawan Muslim dengan latar belakang sosial politik beragam dari seluruh Indonesia hadir pada Simposium di Malang tersebut. 

Susunan kepengurusan ICMI yang pertama tanpak heterogen. Disamping para tokoh cendol Muslim yang sudah dikenal, didalamnya tergabung pula sejumlah cendekiawan muslim yang menduduki jabatan mentri kabinet pembangunan V, sejumlah tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), kalangan akademisi, pengusaha, serta budayawan. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update