Notification

×

Iklan

Iklan

31 (Tiga Puluh Satu) Era Mesir Kuno

| Oktober 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-14T15:49:55Z
Dinasti Ptolemy
tegursapanews - Dinasti Ptolemy adalah kerajaan bercorak Yunani kuno yang menguasai Mesir kira-kira pada 305-30 SM, Dinasti Ptolemy didirikan oleh seseorang jendral dari pasukan Alexander Agung, Ptolemeus I. 

Karena Alexander Agung tidak memiliki pewaris takhta, maka setelah kematiannya pada tahun 323 SM, para jendralnya membagi-bagi daerah kekuasaan kepada mereka. 

Pada tahun 305 SM, setelah menguasai Mesir, Ptolemeus mengangkat dirinya sebagai raja Ptolemeus I atas Mesir. Keturunannya menguasai Mesir hingga dikalahkan oleh Kaisar Agustus (Oktavianus) dari Kerajaan Romawi pada tahun 30 SM. 

Salah satu keturunan Ptolemeus yay terkenal dan legendaris adalah Cleopatra VII, sang Ratu terakhir sebelum Mesir jatuh ke tangan bangsa Romawi. 

Sebelumnya, pada tahun 332 SM, Alexander Agung menaklukkan Mesir dengan sedikit perlawanan dengan bangsa Persia. Pemerintahan yang didirikan oleh penerus Alexander dibuat berdasarkan sistem Mesir, dengan ibu kota di Ikandaria. 

Kota tersebut menunjukkan kekuatan dan martabat kekuasaan Yunani, dan menjadi pusat pembelajaran dan budaya yang berpusat di perpustakaan Iskandaria. 

Mercusuar Iskandaria membantu navigasi kapal-kapal yang berdagang di kota tersebut, terutama setelah penguasa Ptolemy memperdayakan perdagangan dan usaha-usaha, seperti produksi papirus. 

Bersambung..... 
 
×
Berita Terbaru Update