Notification

×

Iklan

Iklan

34 (Tiga Puluh Empat) Era Mesir Kuno

| Oktober 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-18T01:58:20Z
Dominansi Romawi
tegursapanews -  penyerangan terhadap orang Kristen memuncak pada masa pembersihan Diokletianus yang dimulai pada 303 M. Akan tetapi, Kristen berhasil menang. 

Pada tahun 391 M, Kaisar Yang beragama Kristen, Theodosius, memperkenalkan undang-undang yang melarang ritus-ritud pagan dan menutup kuil-kuil. Iskandaria kini menjadi latar kerusuhan anti pagan yang besar. 

Akibatnya, budaya pagan Mesir terus mengalami kejatuhan. Meskipun penduduk asli masih mampu menuturkan bahasa mereka, kemampuan untuk membaca, Hieroglif terus berkurang karena melemahnya peran pendeta kuil Mesir. 

Sementara itu, kuil-kuil dialihfungsikan menjadi gereja atau ditinggalkan begitu saja. Dengan demikian, selama enam abad kekuasaan Romawi, Kristen menjadi agama resmi Mesir dan juga provinsi-provinsi Romawi yang lain. 

Mesir kemudian ditaklukkan oleh bangsa Arab pada abad ke-7 Masehi. Kehadiran IsIam telah membawa era baru yang penuh harapan, menghentikan berbagai tindak kezaliman, dan mendorong Mesir ke arah terbentuknya negara modern. 

Habis..... 

×
Berita Terbaru Update