Notification

×

Iklan

Iklan

40 (Empat Puluh) Masyarakat Lembah Sungai Nil

| Oktober 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-25T21:07:31Z
Perekonomian yang terpusat
tegursapanews -  Sebagaian perekonomian Mesir Kuno diatur secara ketat dari pusat, dengan Firaun sebagai pengendalinya. Secara teoritis, Firaun adalah Raja yang berkuasa penuh atas negara dan memegang kendali semua tanah dan sumber dayahnya. 

Firaun juga merupakan komandan militer tertinggi dan kepala pemerintahan, yang bergantung pada birokrasi pejabat untuk mengurusi masalah-masalah teknisnya. 

Yang bertanggung jawab terhadap masalah administrasi adalah orang kedua di Kerajaan, yaitu Sang Wazir, yang juga perperan sebagai perwakilan raja dalam mengkoordinasikan survei tanah, kas negara, kas pembangunan, sistem hukum, dan arsip-arsip Kerajaan. 

Di level regional, kerajaan dibagi 42 wilayah, administratif yang di sebut nome, yang masing-masing di pimpin oleh seorang nomark, yang bertanggung jawab kepada wazir. 

Kuil menjadi tulang punggung utama perekonomian. Ia berperan tidak hanya sebagai pusat pemujaan, namun juga untuk mengumpulkan dan menyimpan kekayaan negara dalam sebuah sistem lumbung dan perbendaharaan dengan meredistribusikan biji-bijian dan barang-barang lainnya. 

Bangsa Mesir Kuno belum mengenal uang koin hingga periode akhir sehingga mereka menggunakan sejenis uang barter berupa karung beras dan beberapa deben (satuan berat yang setara dengan 91 gram) tembaga atau perak sebagai denominatornya. 

Pekerja dibayar menggunakan biji-bijian ; pekerja kasar hanya mendapat 5 karung (200 kg) biji-bijian perbulan, sementara mandor bisa mencapai 7 karung (250 kg) perbulan. 

Harga tidak berubah di seluruh wilayah negara dan biasanya dicatat untuk membantu perdagangan; misalnya kaus dihargai 5 deben tembaga, sementara sapi bernilai 140 deben. 

Pada abad ke-5 sebelum Madehi, uang koin mulai di kenal di Mesir. Awalnya koin digunakan sebagai nilai standar dari logam mulia dibanding sebagai uang yang sebenarnya. Baru beberapa abad kemudian uang koin mulai digunakan sebagai standar perdangangan. 

Bersambung..... 

×
Berita Terbaru Update