Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) Sang Imam Memilih Guru dan Memilih Ilmu

| Oktober 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-19T07:02:17Z
tegursapanews - Sejarah kuno menyebut Irak sebagai Kota besar yang menyimpan berbagai pristiwa sejarah. Sebelum periode Islam, di sini sudah berkembang sebuah peradaban maju yang dimotori bangsa Siryan. 

Pada masa itu, sekolah-sekolah sudah dibangun untuk mempelajari filsafat Yunani dan persia. Irak pun menjadi pusat Intelektual Nasrani, tempat perdebatan berlangsung antara berbagai aliran Kristen yang bertikai pada waktu itu. 

Ketika Islam datang, berbagau Mazhab dan aliran pemikiran juga bermunculan diwilayah ini. Perkembangan berbagai aliran sepert Syiah, Khawarij, Mutazilah, dan ahli Sunnah Wal Jamaah pun berlangsung dengan pesat. 

1. Syiah
Mazhab ini merupakan kelompok pertama dalam sejarah Islam. Mulai muncul sejak akhir masa kekhalifahan Utsman bin Affan dan terus berkembang sejak kekhalifahan Ali bin Abi Thalib. 

Bermula dari ketakjuban akan kehidupan, ibadah, dan karomah yang dimiliki Ali, ketika keturunan Ali  mendapat perlakuan zalim dari bani Umayyah, para pendukung bterus menyebarkan Mazhab ini dari satu tempat ke tempat lain hingga berkembang pesat dan makin bertambah jumlah pengikutnya. 


Bersambung..... 



×
Berita Terbaru Update