Notification

×

Iklan

Iklan

9 (Sembilan) Sang Imam memilih Guru dan memilih Ilmu

| Oktober 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T17:07:26Z
Kaisaniyyah
tegursapanews -  Kelompok ini adalah pengikut Al- Mukhtar bin Ubaid  Ats-Tsaqsfy. Dahulu ia adalah seorang pengikut khawarij, namun kemudian berubah haluan menjadi pengikut dan pentolan Syiah. Diantara keyakinan yang dipegang teguh golongan ini adalah sebagai berikut. 

1) Mengagungkan Imam, bukan menuhankannya sebagaimana kelompok Sabaiyyah. Mereka beranggapan bahwa seorang imam wajib ditaati bagaimanapun keadaannya. Namun demikian, mereka meyakini bahwa seorang imam bebas dari dosa dan kesalahan. 

2) mereka meyakini bahwa Imam akan kembali lagi, muncul lagi setelah Ali, Al Hasan, Al-Husain, dan Muhammad bin Al-Hanafiyyah. 

3) Allah Swt. Mengubah sesuatu yang diinginkannya karena ilmunya juga berubah. Dia memerintahkan atau menganjurkan sesuatu dan pada saat bersamaan juga memerintahkan sesuatu yang sifatnya larangan. 

4) Segala sesuatu ada lahir dan batinnya. Artinya, setiap orang memiliki tuh dan segala sesuatu memiliki hakikat. Ketika seseorang menguasai semua ini maka ia layak menjadi imam. 

Bagi mereka, lebih tepatnya hanya Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu dan Muhammad Al-Hanafiyyah yang pantas diberi predikat "menguasai semua" Sehingga layak menjadi imam. 

 Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update