Notification

×

Iklan

Iklan

Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI)

| Oktober 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-15T23:37:09Z
tegursapanews - Sebuah organisasi yang merupakan wadah dialog intelektual bagi para cendekiawan muslim Indonesia yang mempu komitmen pada nilai-nilai keislaman tanpa melihat aliran, warna politik, dan kelompok mereka. 

Organisasi ini didirikan pada tanggal 7 Desember 1990, pada sebuah Simposium yang menghimpun sekitar lima ratus Cendekiawan muslim Indonesia bertema "Membangun Masyarakat Indonesia Abad XXI" di Malang, Jawa Timur. Ketua Umum ICMI untuk periode kepengurusan 1991-1995 adalah Prof. Dr. Ing. B.J . Habibie. 

Sebagai wadah Cendekiawan Muslim, ICMI bergerak atas landasan tiga segi, yaitu: (1) iman sebagai landasan moral untuk memacu prestasi takwa; (2) Panca Sila dan UUD 1945 sebagai asas filosofis dan konstitusional kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat; dan (3) ilmu pengetahuan dan tehnologi sebagai alat dan sarana bagi peningkatan mutu kehidupan. 

Sasaran jangka panjang yang hendak dicapai organisasi ini adalah peningkatan kualitas iman, kualitas hidup, kualitas bekerja, kualitas berkarya, dan kualitas berpikir bangsa Indonesia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. 

Strategi dasar dalam pelaksaan rencana jangka panjang kegiatan ICMI adalah keseimbangan antara pendekatan pendidikan dan pembudayaan. 

Kata "Cendekiawan" dalam ICMI bersifat sangat longgar dan tidak di identikan dengan perolehan gelar kesarjanaan. Oleh ketua umum ICMI, misalnya, kata tersebut didefinisikan sebagai "siapapun yang bergetar untuk memperbaiki lingkungan dan rakyat Indonesia". 

Bersambung.... 

Sumber:  Ensiklopedi Islam Ikhtiar Baru Van Hoeve

Penyadur: Abdul Chalim




×
Berita Terbaru Update