Notification

×

Iklan

Iklan

Kasus Jalan Tol Lintas Sumatra Tertunda dan Hasil Pilpres 2019

| Oktober 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T10:00:11Z

Alkisah kita umrah ke Gedung Agung Merapi Timur Lahat Sumsel pada awal Januari 22 dari Surabaya naik bis eksekutif Rosalia indah sampai ke Bandar Lampung. Adapun bis yang kita naiki lewat jalan Tol sepanjang pulau Jawa dengan ongkos Rp 550.000,-

Kemudian dari kota Bandar Lampung kita naik travel ke kota Palembang lewat jalan Tol Trans Sumatra. Kita merasakan di atas mobil bahwa jalan Tol dari Kayu Agung ke kota Palembang bergelombang dan konon sepanjang jalan tersebut diperbaiki PUPR, karena lubangnya silih berganti sepanjang tahun.

Kemudian pada akhir bulan Juni yang lalu pada malam hari raya Iedul Qurban kita ingin sekali melewati Jalan Tol dari Palembang sampai ke kota Prabumulih. Ternyata jalan tersebut belum diresmikan Presiden Jokowi, karena masih dalam proses perbaikan di sepanjang jalan Tol dari Indralaya ke Prabumulih.

Bulan lalu kita baca di media online info dari Menko Perekonomian Tn Airlangga Hartarto bahwa PSN (Proyek Strategis Nasional) banyak yang dicoret Presiden Jokowi, antara lain proyek Jalan Tol Prabumulih sampai ke Lubuk Linggau berlanjut ke Taba Penanjung Bengkulu tertunda karena belum ada anggaran dananya.

Kemudian kita coba cek kembali via google laporan hasil pemilu tahun 2019 di 9 provinsi di Sumatra untuk mengetahui apa ada hubungan antara kemenangan capres Jokowi atas capres Prabowo, sehingga berdampak pada PSN yang diharapkan warga di pulau Sumatra tersebut.

Kita menemukan laporan hasil rekapitulasi KPU pada tahun 2019, bahwa tercatat ada 6 provinsi yang dimenangkan Paslon Capres Tn Prabowo -Sandiaga Uno di Pulau Sumatera yaitu 1. Aceh, 2. Sumatera Barat, 3. Riau, 4. Jambi, 5. Bengkulu,  dan 6. Sumatera Selatan.

Nah sekarang kita baru faham, bahwa Jalan Tol di Provinsi Lampung dan Sumatera Utara berjalan mulus, karena mendapatkan dukungan dari warga masyarakat dan pemerintah daerah. Berbeda dengan proyek Jalan Tol di Provinsi Sumatera Barat dari Padang ke Payakumbuh yang banyak mengalami hambatan, mungkin karena capres Jokowi hanya mendapatkan Suara 14 persen, selisih 71 persen dengan capres Tn Prabowo. Afwan Wallahu aklam.

Sabtu, 21 Oktober 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubbah

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update