Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Para Ulama Nasional dan Umara Etnis Madura

| Oktober 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-19T07:26:00Z
tegursapanews - Alkisah ketika kita tawaf di Lembah Baliem Wamena Jayawijaya Papua Pegunungan pada awal Desember 2019. Ketika itu kita bertemu dan ngobrol dengan Ketum MUI (Majlis Ulama Indonesia) Etnis Madura yang lahir di kota Probolinggo Jawa Timur. Besok harinya kita keluyuran seusai Salat Subuh bersama Tukang Ojek asal Bangkalan Madura menelusuri kota Wamena yang dingin dengan suhu udara 16 derajat Celcius.

Kemudian bulan lalu setelah sepekan kita tawaf di Jawa Barat bersama Tn Chairil Anwar dan Jabodetabek, kita kembali ke Surabaya dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Kita baru saja tau, bahwa status Abdul Halim Perdanakusuma adalah Prajurit TNI AU yang berasal dari Pulau Madura. Nama beliau sebagai pahlawan diabadikan dalam nama bandara, seperti nama Bandara di Sumenep Madura Pangeran Trunojoyo.

Nama tokoh Islam nasional yang berstatus ulama Etnis Madura tercatat nama Syaikhona Kholil Bangkalan yang pernah bertemu Nabi Khidir AS yang disaksikan langsung santrinya sendiri KH Hasyim Asy'ari. Kita pernah datang bersama sahabat sekampung di Manggalarang Tn Edi Mulyono dkk. berziarah dan Salat Jamak Zuhur dan Asar di Masjid Pontren Syaikhona Kholil di Bangkalan Madura, termasuk bersama kerabat Tn Imam Halimi dan Tn Dzaki Anoraga 

Selain itu populer di Era Orde Baru nama tokoh nasional KH Alawi Muhammad asal Sampang Madura sebagai tokoh PPP (Partai Persatuan Pembangunan) yang terkenal Kiai kharismatik. Sekarang tokoh nasional yang lahir di Sampang pada tahun 1955, bernama Tn Mahfud MD telah dipilih Ketua Umum PDI-P Pn Megawati Soekarnoputri sebagai calon wakil presiden pendamping capres Tn Ganjar Pranowo.

Ketika kita melakukan Safari Ibadah Umrah dan Manasik Haji pada tahun 2013 bersama KH Asep Saifuddin Chalim pendiri  KBIH Amanatul Ummah Surabaya yang sekarang berstatus Ketua Umum PERGUNU. Kita bertemu dan ngobrol dengan warga etnis Madura di tanah suci Makkah yang berstatus koordinator pelaku Haji Badal yang jumlahnya ratusan orang dari warga asal Madura yang pernah wukuf di Padang Arafah. Hal itu dilakukan mereka setiap bulan Zulhijjah setiap tahun.

Pengalaman yang lain, kita pernah bertemu dan ngobrol sejenak dengan tukang cukur asal Bangkalan Madura di kota Timika Papua Tengah yang di salonnya tertulis papan nama Potong Rambut Suramadu. Dia cerita, bahwa lebih dari 100 orang tukang cukur di Timika berasal dari keluarga besar Etnis Madura. 

Pada saat ini, mereka pasti posting di WAG Madura Famili tentang dukungan terhadap Tn Mahfud MD sebagai calon wakil presiden yang didaftarkan Pn Megawati Soekarnoputri ke kantor KPU di Jakarta bersama para ketua umum partai koalisi, pada hari ini Kamis, 19 Oktober 2023.. Afwan Barokallah Amien.

Kamis, 19 Oktober 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update