Notification

×

Iklan

Iklan

Status Sumpah Pemuda Indonesia dan Kisah Ashabul Kahfi

| Oktober 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T08:23:48Z
tegursapanews - Dalam kitab suci al-Quran terkandung salah satu surat yang bernama Surat al-Kahfi pada urutan ke 18 dengan jumlah ayat 110. Surat al-Kahfi tersebut termasuk kelompok ayat ayat Makkiyah yang menceritakan tentang 7 orang pemuda yang melarikan diri dan sembunyi di Gua Kahfi yang tertidur selama 309 tahun. 

Adapun status ketujuh orang pemuda tersebut dinamakan Ashabul Kahfi. Mereka adalah para pemuda yang disebut anti pemerintah yang zalim, sehingga mereka dicari dan dikejar oleh aparat keamanan kerajaan pada saat itu. Dalam tafsir al-Quran mereka itu adalah pemuda Islam yang taat pada nilai nilai kebenaran ilahi.

Dalam sejarah gerakan politik di Nusantara tercatat gerakan para pemuda yang anti kolonial Hindia Belanda. Mereka terdiri dari beragam suku dan agama dari pelosok negeri yang menyatakan dalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia, yaitu Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia.

Kemudian setelah Indonesia merdeka dibentuk salah satu departemen yang khusus mengurus masalah kepemudaan di Bumi Pertiwi yang sekarang dinamakan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pemuda yang diurus negara tersebut tergabung dalam institusi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang berdiri pada tanggal 23 Juli 1973 dengan Ketua Umum Tn David Napitupulu.

Salah satu dari ormas pemuda di bawah KNPI yaitu Badan Koordinasi Pemuda Dan Remaja Masjid (BKPRMI) yang salah seorang tokohnya Tn Idrus Marham Kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan pernah menjabat ketua umum KNPI dan pernah berstatus Menteri Sosial (2018) atas dasar jabatannya sebagai Sekertaris Jenderal Partai Golkar.

Kemudian terkait dengan status pemuda tersebut, salah seorang karib kerabat kita di kota Pagaralam Sumsel yang bernama Tn Syam Un Makruf al-Madani berstatus sebagai Komandan Banser yang bertugas untuk mengawal para ulama NU dalam setiap kali melaksanakan dakwah Islam di tengah masyarakat dan beragam macam tugas lainnya yang terkait dengan instruksi Pemuda Ansor, seperti mereka ikut aktif mengamankan acara kebaktian umat Kristiani pada saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru Masehi.

Masalah batasan usia yang disebut Pemuda beragam rumusan, seperti usia Ketua ormas Pemuda Muhammadiyah ada yang lebih dari 40 tahun. Pemuda yang baru berusia 37 tahun saja Tn Gibran Rakabuming Raka putra sulung Presiden Jokowi yang berstatus Walikota Solo Jawa Tengah terdaftar di Kantor KPU sebagai Calon Wakil Presiden Ketua Umum Partai Gerindra Tn Prabowo Subianto pada Rabu, 25 Oktober 2023. Demikian cuilan percikan kisah tentang masalah kepemudaan. Barokallah Amien

Sabtu, 28 Oktober 23
Sabdasheh

oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update