Notification

×

Iklan

Iklan

35 (Tiga Puluh Lima) Penyebaran Mazhab Hanafi

| November 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-21T09:50:17Z
tegursapanews - Mazhab Abu Hanifah pertama kali muncul di Kufa, tempat kelahiran sekaligus tempat bermukimnya sang Imam. Setelah Abu Hanifah meninggal, banyak Ulama dari berbagai penjuru negeri Islam datang ke Baghdad untuk belajar. Mereka yang kemudian membawa dan menyebarkannya ke negeri masing-masing. 

Pada waktu itu, mazhab Abu Hanifah berkembang pesat tanpa tanding di Mesir. Syam, Azerbaijan, Afghanistan, India, Cina, serta Baghdad dan sekitarnya. Bahkan di sebagaian negeri, mazhab Abu Hanifah menjadi pendapat final yang harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. 

Mazhab ini resmi digunakan sebagai mazhab negara ketika Abu Yusuf menjadi Qadhi Utama di daulah Abbasiyyah. Selama rentang waktu 170 tahun kemudian, mazhab ini tetap menjadi Mazhab resmi negara. Bahkan, setiap orang yang menjadi Qadhi harus menguasai semua pendapat dalam Mazhab ini. 

Di beberapa wilayah Afrik seperti Tunisia, Karo koe, dan negeri lain Mazhab Abu Hanifah juga sempat berkembang pesat sampai tahun 400 H. Sebelumnya, tidak ada seorang yang menganut Mazhab ini di wilayah afrika hingga Qadhi Asad bin Al-Furat bin Sinan mengembangkannya ke segenap penjuru negeri. 

Bersambung...., 
×
Berita Terbaru Update