Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam)...KH. Mas Alwi (Surabaya) (Pendiri NU dan Pencipta Nama NU)

| November 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-29T09:08:18Z
tegursapanews -  Perjuangan tak kenal lelah: Akhir cerita setelah KH. Mas Alwi pulang dari Tanah Suci Makkah dan setelah mengalami lika-liku hidup yang panjang beliau aktif di Nahdlatul Wathan bahkan beliau diberi tugas menjadi Kepala sekolah menggantikan saudaranya KH. Mas Manshur yang saat itu mengundurkan diri di tahun 1919 M. 

KH. Mas Manshur lebih memilih dengan bergabung organisasi Muhammadiyah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan Jogja Jawa Tengah. Hal ini sangat dimungkinkan karena dia terpengaruh dengan pemikiran Muhammad Abduh yang selama ini dia dalami seide dan ada keserasian dengan pemikiran KH. Ahmad Dahlan. 

Setelah KH. Mas Manshur keluar dari Madrasah Nahdlatul Wathan dia mendirikan sebuah madrasah yang di beri nama Hizbul Wathan (Golongan Nasional) berlokasi di pesantren ayahnya KH. Mas Ahmad Marzuki Surabaya. 

Konon saking aktifnya KH. Mas Alwi Surabaya di Madrasah Nahdlatul Wathan, kata "Nahdla" dalam nama Nahdlatul Ulama' yang beliau usulkan saat bermusyawarah dengan KH. Hasyim Asy'ari dan 'Ulama lainnya karena terinspirasi dari nama Nahdlatul Wathan yang didirikan sebelum Nahdlatul Ulama' ada. 

Bersambung.... 
×
Berita Terbaru Update