Notification

×

Iklan

Iklan

KH. Ridwan Abdullah... Surabaya, Jawa Timur, (Pendiri NU dan Desainer Lambang NU)... 1 (Satu)

| November 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-08T07:44:15Z
tegursapanews - "Kyai Haji Ridwan Abdullah adalah sosok yang menjadi Desainer lambang NU, Lambang NU yang kita ketahui selama ini tidak lain adalah hasil karya beliau. 

Lambang tersebut tidak hanya indah di mata namun memiliki makna filosofis yang luar biasa beliau dikenal sebagai Ulama yang memiliki keahlian khusus di bidang seni lukis dan seni kaligrafi. 

Salah satu karya beliau adalah bangunan Masjid Kemayoran Surabaya. Masjid dengan pola arsitektur yang khas ini adalah hasil rancangan beliau, bakat dan keahlian beliau dalam melukis diwarisi oleh seorang putranya yang bernama KH. Mujib Ridwan Surabaya. "

Nasab
Nama lengkapnya adalah Ridwan lahir pada tahun 1884 M, di kampung Carikan Gg I kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Beliau putra dari pasangan KH. Abdullah dan Nyai Hajah M arfu'ah. Ridwan adalah anak bungsu dari emoo bersaudara, mereka adalah:

Abdul Qohar
Adnan
Abdul Manaf
Ridwan (kelak KH. Ridwan Abdullah) 

Empat bersaudara ini semua pernah mendalami ilmu agama di pesantren namun hanya KH. Ridwan Abdullah yang menjadi Kyai, (beliau tidak pemangku pesantren, model dakwahnya keliling antar desa dan Kota. 

Bersambung..... Al-Fatikha..... 

Sumber: Kyai Sepuh Pendiri NU
BY: Nur Hakim Syakh
Foto: karyakarsa. com
Penyadur: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update