Notification

×

Iklan

Iklan

KH. Ridwan Abdullah... Surabaya, Jawa Timur, (Pendiri NU, dan Desainer Lambang NU)... 5 (Lima)

| November 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-12T02:16:58Z
Ulama yang dermawan, alim, sederhana. 
tegursapanews -  KH. Ridwan Abdullah merupakan sosok Kyai kota yang dermawan, konon setiap anak yang berangkat mondok dan sowan kerumah beliau, selain diberi nasehat juga diberi uang, padahal beliau sendiri tidak tergolong orang yang kaya. 

Di kalangan Ulama pesantren, KH. Ridwan Abdullah dikenal sosok Ulama yang memiliki ilmu agama dan pengalaman yang kuasa. Pergaulan beliau sangat luas dan tidak hanya terbatas dikalangan pondok pesantren. 

Beliau juga sosok yang sederhana, meskipun dirumah mertuanya tersedia beberapa kereta kuda bahkan ada juga sepeda motor, uno keluar rumah, Kyai Ridwan Abdullah lebih memilih berjalan kaki sambil membawa kitab salafnya di tangan kanan dan payung hitam di tangan kiri beliau. 

Biasanya, dibelakang beliau ikut satu dua anak kecil yang dengan setia mengikutinya, baik sekedar untuk bermain hingga menghadiri pengajian yang dipimpinnya. 

Sungguh, gemerlap harta tidak membuat Kiai Ridwan Abdullah terlena (bahkan dikemudian hari, beliau rela menjual beberapa tokohnya demi NU). 

Hari-hari beliau disibukkan dengan hal-hal yang bernilai ibadah. Hampir setiap malam beliau mengisi pengajian dari musholla atau Madjid satu kelainnya. Masuk keluar kampung, desa, dan Kota demi mengajar ilmu agama. 
Alfatihah..... 
Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update