Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi Bawa Pesan Khusus dari Mahmoud Abbas ke Joe Biden di New York

| November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-14T02:14:24Z
Kemarin kita melihat dan membaca berita di media massa tentang pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Palestina Tn Mahmoud Abbas di Riyadh Arab Saudi dalam acara KTT Luar Biasa OKI dan Liga Arab yang membahas tentang Resolusi Gencatan Senjata di Jalur Gaza Palestina 

Konon Presiden Palestina Mahmoud Abbas menitipkan pesan khusus kepada Presiden AS Joe Biden melalui Presiden Indonesia Jokowi yang terbang ke Washington DC Amerika Serikat untuk menyampaikan hasil pertemuan KTT OKI Luar Biasa di Riyadh Arab Saudi, antara lain status dua negara yang merdeka, yaitu Palestina dan Israel.

Ketika kita melihat foto Presiden Jokowi yang sedang duduk ngobrol sirius dengan Presiden Mahmoud Abbas. Spontan kita ingat karib kerabat di Muara Enim Sumsel yang nama panggilannya sama dengan Presiden Palestina, namun tulisan yang berbeda, yaitu tertulis Tn Mahmud Abbas  kelahiran Desa Arahan Lahat.

Status Tn  Mahmud Abbas tersebut adalah suami Pn Yulianda Umy Kalshum putri ketiga Tn Sawawi al-Basri yang lahir di Surabaya pada bulan Juli 1973. Pada awal bulan Juli yang lalu kita dapat undangan khusus makan bersama mereka di kota Muara Enim yaitu dalam acara syukuran Tahun Baru Kelahiran yang ke 50 (setengah abad).

Selama ini kita mengenal beberapa nama karib kerabat yang namanya ada kemiripan dengan Presiden Palestina, seperti Tn Surmawi Abas , Kepala Desa Gedung Agung Merapi Timur Lahat yang pertama Tn Abastam , Kiaji Abas selain Tn Abasudin yang berstatus sebagai bapak mertua Tn Effendi Aman yang istrinya bernama Pn Robiah al-Abasi yang cantik mulus kelahiran dusun Simpang Agung.

Sekilas tentang status nama warga negara yang tertulis Abas dan Abbas yang berada di tengah masyarakat. Dalam kitab suci al-Quran salah satu Surat dalam juz ke 30 tercatat nama Surat 'Abasa yang bermakna Wajah Cemberut, yaitu Surat urutan ke 80 sebanyak 42 ayat.

Kemudian tercatat dalam sejarah Islam nama daulat yang berkuasa selama 300 tahun, yaitu Daulat Abbasiyah yang berpusat di Bagdad. Nama tersebut diambil dari nama leluhur pendiri Daulat Abbasiyah yaitu nama Paman Nabi Muhammad SAW Saidina Abbas putra Abdul Muthalib adiknya Saidina Abdullah ayah kandungnya Rasul Global yang lahir di Makkah. Afwan Wallahu aklam.

Senin, 13 November 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul. Chalim
×
Berita Terbaru Update