Notification

×

Iklan

Iklan

1 (Satu) KH. Ahmad Dahlan Ahyad (Kebondalem, Surabaya) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-03T04:04:09Z
tegursapanews -  Kyai Haji Ahmad Dahlan Ahyad adalah Ulama yang berasal dari kebondalem Surabaya, beliau salah satu Tokoh NU pada era awal menjabat sebagai Wakil Rais Akbar (Periode 1926), satu tingkat dibawah KH. Hasyim Asy'ari yang menjabat sebagai Rais Akbar Nahdlatul Ulama' juga sebagai penggerak dan pembela ajaran Ahlussunnah Wal jama'ah."

Nama yang mirip
Pada Umumnya Nama KH. A. Dahlan masyarakatnya akan teruju bahwa yang dimaksud adalah tokoh pendiri Muhammadiyah. Demikian juga ketika kita mendengar kata MIAI maupun Tashwirul Afkar, ada juga nama Tokoh pendiri yang bernama Kyai A. Dahlan. 

Nama KH. Ahmad Dahlan di kalangan kaum Nahdlatul Ulama adalah KH. Ahmad Dahlan Ahyad Kebondalem Surabaya, bukan  KH. Ahmad Dahlan Darwis yang lebih di kenal sebagai sebutan KH. Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis pendiri organisasinya Islam Muhammadiyah (beliau ini lahir di Yogyakarta tepatnya 1 Agustus 1868 dan wafat di Yogyakarta pada 23 Februari 1923 M. genap berumur 54 tahun) . 

Walhasil untuk membedakan antara  Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan Ahmad Dahlan pendiri Tashwirul Afkar yaitu Ahyad yang merupakan nama dari ayah beliau. 

Lain hanya dengan KH. Ahmad Dahlan (dari Muhammad Darwis) terinspirasi dari nama seorang mufti Madzhab Syafii yang sangat Masyhur pada zamannya yakni Syaikh Ahmad bin Zaini Dahlan. 

Sumber: Kyai Sepuh Pendiri NU
BY: Nur Hakim Syah
Foto: Karyakarsa.com
Penyadur: Abdul Chalim
Al-Fatikha... 

Bersambung... 



×
Berita Terbaru Update