Notification

×

Iklan

Iklan

3 (Tiga) KH. Ahmad Dahlan Ahyad (Kebondalem, Surabaya) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-05T22:34:29Z
Pendidikan
tegursapanews -  Di saat kecil KH. Ahmad Dahlan Ahyad mendapat pendidikan dan bimbingan dari kedua orang tua beliau KH. Mohammad Ahyad, pendiri juga pengasuh pesantren Kebondalem Surabaya. Setelah menginjak dewasa beliau Hijrah di pesantren. 

Pesantren kademangan
Setelah mendapat pendidikan dan bimbingan dari orang tua dan sudah menginjak dewasa kemudian KH. Ahmad Dahlan Ahyad menuntut ilmu fi pesantren Kademangan Bangkalan Madura di bawah asuhan KH. Kholil Bangkalan di pesantren ini beliau mendalami ilmu agama seperti, ilmu Nahwu, Fiqih, dan shorof. 

Pesantren Sidogiri Pasuruan
Setelah KH. Ahmad Dahlan Ahyad menuntut ilmu di Pesantren Kademangan Bangkalan Madura dibawah asuhan KH. Kholil Bangkalan kemudian beliau melanjutkan belajar ilmu agama di pesantren Sidogiri dibawah asuhan KH. Bahar bin KH. Noer Hasan. Fi pesantren ini beliau mendalami ilmu agama seperti Tafsir, Al Hadits, dan Hisab. 

Melihat sanad keilmuan KH. Ahmau Dahlan Ahyad sudah kelas yakni sampai kepada baginda Nabi Mohammad Saw. Melihat guru-guru beliau sampai Mu'tabar dari kalangan Nahdlatul Ulama'. 

Setelah lama beliau menuntut ilmu dari pesantren ke pesantren, kemudian KH. Ahmad Dahlan Ahyad kembali ke kampung halamannya untuk melanjutkan estafet pesantren milik ayahnya. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update