Notification

×

Iklan

Iklan

3 (Tiga) KH. Muhammad Faqih (Maskumambang, Gersik) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-13T03:11:11Z
tegursapanews -  Pesantren Kademangan Madura: Setelah beliau belajar ilmu di rumahnya sendiri di bawah asuhan dan didikan Sang Ayah, kemudian melanjutkan menuntut ilmu menuju pesantren Kademangan Bangkalan Madura dibawah bimbingan KH. Muhammad Kholil Bangkalan. 

Di pesantren ini telah mendidik dan telah mengkader banyak Ulama yang mengikuti pelajaran ahlis sunnah Waljamaah di antara mereka adalah:

KH. Hasyim Asy'ari Tebu Ireng Jombang. 
KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang
KH. Bisri Syansuri Denanyar Jombang
KH. Ridwan Abdullah Surabaya
KH. As'ad Sukorejo Situbondo

Tanah Suci Makkah. 
Setelah beliau belajar ilmu di pesantren Kademangan Bangkalan Madura dibawah asuhan dan didikan KH. Muhammad Kholil, kemudian beliau melanjutkan menuntut ilmu di Tanah Suci Makkah, di Makkah belajar terhadap Ulama-ulama terkemuka di sana terlebih khusus berguru kepada Syaikh Mahfudz At Tarmisi. 

Saat menuntut ilmu di Tanah Suci, beliau berteman dengan pelajar  (santri) dari Indonesia yang kelak menjadi Ulama, mereka adalah:

KH. Hasyim Asy'ari Jombang
KH. Munawir Krapyak, Yogyakarta Jawa Tengah
Kelak Muhammad Faqih dan Hasyim Asy'ari menjadi pendiri Nahdlatul Ulama' ahli dalam bidang Al-Qur'an dan Qira'ah Sab'ah, hampir semua sanad Al-Qur'an dan Qira'ah Sab'ah di Indonesia melalui KH. Munawwir Krapyak Jogja Jawa Tengah. 

Bersambung..... 



×
Berita Terbaru Update