Notification

×

Iklan

Iklan

4 (Empat) KH. Ahmad Dahlan Ahyad (Kebondalem Surabaya) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-05T23:04:17Z
Tokoh Pendidikan Tashwirul Afkar:
tegursapanews -  KH. Ahmad Dahlan Ahyad juga tokoh penting bagi berdirinya Tashwirul Afkar (Potret Pemikiran) yang beliau dirikan bersama KH. Wahab Chasbullah Tambak Berasa Jombang 

Yang mana perkumpulan ini merupakan kumpulan diskusi dan kajian yang membahas dan mencari solusi atas masalah-masalah keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang berkaitan dengan persoalan kekinian yang dihadapi oleh umat Islam Ahlussunnah waljama'ah.

Sedangkan dalam pembiyaannya, KH. Ahmad Dahlan Ahyad bersama pimpinan yang lain mendirikan "Syirkatul Amaliyyah, yaitu semacam koprasi yang sahamnya di jual belikan kepada para anggota Tashwirul Afkar. 

Tentu langkah ini turut membantu pembiayaan kebutuhan harian, apalagi tidak adanya subsidi dari pemerintah Hindia-Belanda untuk perkumpulan tersebut. 

KH. Ahmad Dahlan Ahyad beserta Ulama yang lain juga berhasil mendirikan MIAI (Majelis Islam A'la Indonesia) pada tanggal 12-15 Rajab 1356 H, bertepatan dengan 18-21 September 1937 M. 

Organisasi ini di bentuk dengan tujuan menyatukan semangat kebangsaan antar seluruh Ormas Islam untuk merespon penjajah serta mentolelir segala bentuk perbedaan antar Ormas Islam yang telah ada. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update