Notification

×

Iklan

Iklan

54 (Limah Puluh Empat) Murid-Murid Sang Imam

| Desember 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-08T23:34:29Z
tegursapanews -  Telah menjadi seorang ahli, memiliki Mazhab, juga mendapat banyak pujian, tentu saja membuat banyak orang ingin berguru kepada sang Imam. 

Abu Hanifah diriwayatkan memiliki murid-Murid cerdas dan terkenal sebagai penerus Mazhab Hanafi, sebuah Mazhab yang diafiliasikan kepada namanya. 

Berikut diantara murid-muridnya tersebut:

1. Zufar bin Az-Zuhali
Murid Abu Hanifah ini meninggal ketika berusia 48 tahun pada tahun 158 H. Ayahnya seorang Arab, sementara ibunya berasal dari Persia. Zufar termasuk salah seorang murid yang lebih dahulu belajar kepada Abu Hanifah. 

2. Abu Yusuf
Nama aslinya adalah Ya'qub bin Ibrahim bin Habib Al-Anshory. Murid sang Imam yang satu ini besar, tinggal, serta belajar di Kufa. Abu Yusuf pun merupakan seorang Arab Asli, bukan Mawali. Ia dilahirkan pada tahun 113 H dan meninggal pada tahun 182 H. 

Masa kecil dilalui Abu Yusuf dengan penuh Kemiskinan. Beruntung, keadaan itu tidak membuat Abu Yusuf Urung menuntut ilmu. Suatu riwayat menjelaskan bahwa ia terlebih dahulu belajar kepada Ibn Abu Laila sebelum akhirnya berguru kepada Abu Hanifah. 

Abu Hanifah pun membiayai kehidupan Abu Yusuf agar bisa berkonsentrasi menuntut ilmu. 

Di lingkup karirnya, Abu Yusuf sukses memegang jabatan Qadhi sebanyak tiga kali. Kali pertama pada masa Al-Mahdy. Dilanjutkan pada masa Al-Hady, baru kemudian pada masa Ar-Rasyid. 

Bersambung..... 



×
Berita Terbaru Update