Notification

×

Iklan

Iklan

56 (Lima Puluh Enam) Karya Sang Imam

| Desember 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-11T05:23:26Z
tegursapanews -  Selain memiliki murid-murid yang luar biasa, sang Imam juga memiliki beberapa karya yang luar biasa yang disematkan kepada beliau. 
Berikut karya-karya tersebut: 

1.Kitab Al-Fiqih Al-Akbar
Kitab ini adalah sebuah risalah kecil berisi masalah-masalah Akidah. Pada masa penyebaran Kitab, ternyata ada beberapa murid yang meriwayatkan. Diantaranya adalah riwayat dari Hammad bin Abu Hanifah yang di Syarh oleh Al-Qari. 

Ada juga riwayat dari Abu Muthi' Al-Balkhy yang terkenal dengan nama Al-Fiqh Al-Mabsuth. Terdapat juga beberapa riwayat dari murid Sang Imam yang lain, lengkap dengan syaratnya. 

Beberapa masalah yang dibahas dalam kitab ini adalah manusia yang paling afdhal setelah Rasulullah Saw. Abu Hanifah menjelaskannya sesuai dengan pemahaman Ahli Sunnah Wal Jamaah. Dikatakan bahwa setelah Nabi Saw, ada Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, baru kemudian Ali bin Abi Thalib. 

Beliau sama sekali tidak mendahulukan Ali dari para Khulafaur Rasyidin yang lain. 

Kitab inipun membahas mukjizat yang dimiliki para Nabi, lengkap dengan karamah yang dimiliki para Wali. Perbedaan antara karamah dan perkara-perkarah luar biasa yang bisa dilakukan orang-orang kafir juga ditelaah di sini. 

Sesungguhnya, masih banyak masalah akidah yang di bahas dalam Kitab ini, oleh sebab itu Kitab ini layak dirujuk oleh siapa saja yang ingin mendalami Akidah Islam. 

Bersambut.... 
×
Berita Terbaru Update