Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) Sang Imam Memaknai Kezuhudan

| Desember 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-31T13:37:19Z
tegursapanews -  Oleh sebab itu, tidak heran jika Abu Ashim perna suatu kali meriwayatkan, 'Aku tidak melihat seorangpun yang lebih putih pakaiannya melebihi dirinya (Imam Malik)." 

Seolah senada dengan Al-Walid bin Muslim yang meriwayatkan, "Malik tidak pernah memakai sutera dan tidak ingin memakainya. Ia senang memakai warna Putih."

Ibn Abu Uwais pun seolah menegaskan, "Aku tidak pernah sekalipun melihat Malik memakai pakaian berearna." Bahkan, pujian datang dari Khalifah 'Umar bin Khattab Radhiyallahu 'Anhu yang kala itu berkata, "Aku senang melihat seorang ahli fiqih yang memakai pakaian putih."

Sehari-harinya, saat Imam akan keluar kamar atau rumah pagi hari, beliau sudah memakai imamah (Sorban yang dililitkan ke kepala) dan pakaiannya. Tidak ada seorangpun yang pernah menyaksikan beliau keluar rumah dengan keadaan lainnya. 

Beliau benar-benar menjaga murah dan merasa tidak senang jika melihat seorang ulama atau penuntut ilmu mengenakan pakaian compang-camping demi menunjukkan kezuhudannya. 

"Aku tidak menyaksikan seorangpun ahli fiqih negeri kita ini, kecuali mereka memakai pakaian yang bagus. Mereka juga mengatakan sebaik-baik pakaian seorang ahli fiqih adalah berwarna putih," Ucap Imam Malik. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update