Notification

×

Iklan

Iklan

7 (Tujuh) KH. Muhammad Faqih (Maskumambang, Gresik) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-17T08:57:19Z
tegursapanews -  Silang Pendapat: Ketika Nahdlatul Ulama didirikan dan telah mengangkat secara resmi KH. Hasyim Asy'ari sebagai Rois Akbar dan KH. Muhammad Faqih Maskumambang sebagai wakilnya, hubungan antara keduanya semakin akrab dan dekat. 

Keskraban ini juga didukung dengan ikatan kekeluargaan, karena KH. Ali Ma'shum bin Ali (kelak KH. Ma'shum Krawon) yang tergolong kramat pesantren Maskumambang di nikahkan dengan Nyai Haja, Khairiyah putri KH. Hasyim Asy'ari. 

Namun, pernikahan ini tidak berlangsung lama sebab, di saat Nyai Haja Khairiyah berumur 17 tahun KH. Ma'shum Krawon meninggal dunia, kemudian Nyai Haja Khairiyah menikah yang kedua kalinya dengan KH. Muhaimin bin Abdul Aziz allasemi Al Makky. 

Meskipun antara KH. Muhammad Faqih Maskumambang dan KH. Hasyim Asy'ari sangat akrab sebab kedekatan jabatan, persahabatan, seperguruan, jalinan keluarga. 

Namun antara keduanya saling silang pendapat, (berbeda pendapat) hal ini yang paling fenomenal sampai sekarang adalah silang pendapat tentang hukum memakai kentongan. 

Pasalnya KH. Hasyim Asy'ari tidak membolehkan memakai kentongan sebagai alat untuk memanggil shalat baik dilakukan sebelum adzan maupun setelahnya. 

Sedangkan KH. Muhammad Faqih Maskumambang memperbolehkannya. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update